Batu Penggilingan Abad ke-18 Dievakuasi

JagatBisnis.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKl Jakarta mengevakuasi batu penggilingan tebu untuk produksi gula. Batu peninggalan abad ke-18 ditemukan di tiga tempat di Jakarta. Di antara di trotoar Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Batu penggilingan yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut langsung dievakuasi ke Balai Budaya Condet.

“Ini merupakan upaya perlindungan dan penyelamatan agar objek lebih terlindungi. Karena selama ini berada di trotoar jalan yang rentan rusak, baik akibat cuaca atau tindakan vandalisme,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry dalam keterangan tertulis, Minggu (31/10/2021).

Dia menjelaskan, batu penggilingan itu juga ditemukan di Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, dan Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Bahkan, di Kelurahan Penggilingan, terdapat lima batu penggilingan ditemukan. Batu penggilingan tersebut akan dikonservasi melalui pembersihan dan dilakukan beberapa perbaikan bagian obyek yang mengalami kerusakan.

“Kami akan memberikan narasi yang berisi keterangan terkait sejarah batu penggilingan. Hal tersebut untuk memberikan edukasi sejarah masyarakat saat datang ke Balai Budaya Condet.
Selain diletakkan di Balai Budaya Condet, saat ini salah satu batu penggilingan lainnya juga berada di Museum Sejarah Jakarta,” tutupnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button