jagatBisnis.com : PERBANKAN - PP Tapera Terbit, Gaji Rakyat Dipotong 3 Persen

PP Tapera Terbit, Gaji Rakyat Dipotong 3 Persen


Anis Byarwati, anggota Komisi XI DPR Fraksi PKS. (jagatbisnis/ist)

PERBANKAN

03 Jun 2020 18:33


jagatBisnis.com - Gaji PNS, TNI, Polri, pekerja BUMN, BUMD, BUMDes, dan pegawai swasta akan dipotong hingga 3 persen. untuk iuran Tapera. Hal tersebut tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Pasal 7. Terbitnya PP tersebut menuai banyak kritikan. Salah satunya dari anggota DPR RI, Fraksi PKS, Anis Byarwati. 

“Niat pemerintah pemerintah menyediakan hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), patut diapresiasi. Sayangnya, pada saat yang bersamaan, kebijakan itu membebankan masalah anggaran ke pundak para pekerja dan pengusaha," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (03/06/2020)

Anggota Komisi XI ini berpendapat, melalui PP ini, pemerintah sepertinya ingin lepas tangan dari tanggung jawab dalam pemenuhan atas tempat tinggal yang layak bagi warganya. Sehingga  pemerintah sebagai penanggung jawab penyediaan rumah rakyat menjadi tidak berfungsi. 

“Padahal, seharusnya penyelenggaraan perumahan dan permukiman bagi warga negara merupakan tanggung jawab negara yg diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 dan Pasal 28 H ayat 1 UUD 1945,” tegasnya. (eva)

BERITA TERKAIT