jagatBisnis.com : PENDIDIKAN - Sekolah Tatap Muka Hanya untuk Zona Hijau, Inilah Syaratnya

Sekolah Tatap Muka Hanya untuk Zona Hijau, Inilah Syaratnya


Saat Virus Corona masuk ke Indonesia sebagian siswa pergi ke sekolah dengan menggunakan masker. (jagatbisnis/ist)

PENDIDIKAN

18 Jun 2020 16:48


jagatBisnis.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengizinkan sekolah kembali menggelar kegiatan belajar mengajar tatap muka secara langsung. Keputusan tersebut dengan sejumlah syarat yang harus dilakukan sekolah dan daerah. Selain itu, pembukaan sekolah juga dilakukan bertahap, mulai SMA dan terakhir Paud. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, syarat utama, sekolah harus berada di zona hijau yang diputuskan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Karena untuk saat ini, hanya 6 persen populasi peserta didik di zona hijau dan pemerintah daerah yang mengambil keputusan untuk melakukan sekolah tatap muka. 

“Sekolah yang melakukan pembelajara  tatap muka harus memiliki fasilitas kebersihan mulai dari toilet, wastafel, sabun cuci tangan dan disinfektan. Selebihnya, sebagian besar siswa tetap melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada tahun ajaran 2020/2021,” katanya di Jakarta, Kamis (18/06/2020). 

Selain itu, lanjutnya, sekolah juga harus ada akses ke fasilitas kesehatan terdekat di wilayah sekolah. Dan, setiap warga sekolah wajib menggunakan masker. Terakhir, siswa dan guru yang boleh masuk hanya yang sehat dan tak punya penyakit komorbid.

“Pembukaan sekolah dilakukan dengan beberapa tahap. Tak semua jenjang diperbolehkan langsung masuk pada tahun ajaran baru.Pada Juli nanti, jenjang yang boleh belajar tatap muka termasuk SMA dan sederajat. Selanjutnya, pada September, jenjang SD dan sederajat. Pada November jenjang PAUD dan nonformal boleh belajar tatap muka,” bebernya. (esa/*)

BERITA TERKAIT