jagatBisnis.com : PENDIDIKAN - Kampus Dilarang Kuliah Tatap Muka

Kampus Dilarang Kuliah Tatap Muka


Menteri Kesehatan,Terawan Agus Putranto dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat diskusi virtual. (jagatbisnis/eva)

PENDIDIKAN

15 Jun 2020 18:17


jagatBisnis.com - Meski pandemi Corona belum bisa dipastikan mereda, tahun akademik perguruan tinggi tetap akan dimulai Agustus mendatang. Sistem pembelajaran (perkuliahan) tetap akan dilakukan secara online (daring) dan belum belajar tatap muka. 

“Tahun akademik tidak diundur karena kami yakin perguruan tinggi mampu menjalankan sistem pembelajaran jarak jauh via internet, dari pada jenjang pendidikan menengah dan dasar,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam diskusi virtual, di Jakarta, Senin (15/06/2020). 

Akan tetapi, lanjut dia, ada kegiatan yang tetap boleh dilakukan tanpa harus via internet. Salah satunya, kegiatan yang berhubungan dengan proses kelulusan mahasiswa yang sulit jika dilakukan via internet. Selain itu, penelitian di laboratorium untuk skripsi, praktikum bengkel yang membutuhkan mesin dan peralatan.

“Terkait aktivitas prioritas itu, masing-masing pimpinan perguruan tinggi diperbolehkan untuk mengizinkan mahasiswanya datang ke kampus. Kebijakan itu diambil karena kami tidak ingin mengorbankan mahasiswa yang akan lulus. Sebab, hal itu justru berpotensi menciptakan masalah lain,” tandasnya.

Menteri Kesehatan,Terawan Agus Putranto menambahkan, pihaknya  akan menyetop kegiatan belajar dan mengajar melalui metode tatap muka di sekolah. Hal itu dilakukan, jika ditemukan ada murid yang terinfeksi positif virus corona (Covid-19).

"Aktivitas sekolah akan dihentikan dulu sementara. Kami juga akan melakukan penelusuran (tracing) di lingkungan sekitar murid yang terinfeksi positif corona sebagai langkah lanjutan. Upaya itu bertujuan agar kami bisa mengetahui peta persebaran virus corona tersebut,” paparnya. (eva)

BERITA TERKAIT