jagatBisnis.com : NASIONAL - Naik Skuter Listrik di Trotoar Bakal Ditilang

Naik Skuter Listrik di Trotoar Bakal Ditilang


Ilustrasi Skuter Listrik Foto: iNEWS

NASIONAL

22 Nov 2019 16:15


jagatBisnis.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf katakan, skuter listrik tak cuma dilarang meluncur di jalan raya tetapi juga tidak bisa lewat di trotoar. 

"Jika trotoar itu penggunaannya untuk pejalan kaki. Kecuali pejalan kaki, itu tidak bisa, tetap kita tindak," katanya di fX, Sudirman, Jumat, 22 November 2019. 

Mulai ini hari, Jumat, 22 November 2019, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya setuju melarang skuter listrik bekerja di jalan raya. Skuter listrik dilarang di trotoar karena sudah jelas jika trotoar yaitu tempatnya pejalan kaki. 

Skuter listrik dinilai membahayakan pejalan kaki jika bekerja di trotoar. Tidak cuma di trotoar, skuter listrik juga dilarang lewat di arah sepeda. "Tak dapat di arah sepeda, kan bukan sepeda itu. Jika masuk (arah sepeda) ya kita melakukan penindakkan ," tukasnya. 

Tetapi, penindakan bukan dengan tilang langsung. Pertam-tama faksinya berikan ultimatum untuk kembali lagi kawasannya terlebih dulu. Apabila tetap bandel baru ditindak tegas. 

"Kita akan sita kendaraan itu, kita kasih surat tilang dan lalu proses seterusnya kita melakukan sesuai peraturan yang berlaku," katanya. 

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Syafrin Liputo menambahkan, skuter listrik bisa digunakan di arah sepeda, dengan catatan skuter listrik itu bukan sewaan punya perusahaan. 

"Bisa masuk arah sepeda untuk (kendaraan punya) pribadi. Lantaran ini sebagai alat angkut individual," tutur Syafrin.(ser)

#Skuter Listrik

BERITA TERKAIT