jagatBisnis.com : NASIONAL - Buntut Bakar Bendera PDIP, MUI Minta RUU HIP Segera Dicabut

Buntut Bakar Bendera PDIP, MUI Minta RUU HIP Segera Dicabut


Sekjen MUI, Anwar Abbas. (jagatbisnis/ist)

NASIONAL

27 Jun 2020 18:22


jagatBisnis.com - Aksi demo menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang pembakaran bendera PDIP, berbuntut panjang. Maka,!Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta DPR segera mencabut  pembahasan itu agar penolakan masyarakat tak terus mumcul dan semakin meluas. 

“Kami khawatir protes itu akan merembet ke persoalan lain yang tak relevan. Maka, DPR harus segera mencabutnya agar tidak terjadi peristiwa kain di luar itu. Kami ingin negara ini aman dan damai,” kata Sekjen MUI, Anwar Abbas di Jakarta, Sabtu (27/06/2020). 

Menurutnya, DPR sebagai pengusul seharusnya menjadi pihak yang bertanggung jawab atas pembahasan RUU tersebut. Sehingga masyarakat yang memprotes tak disalahkan. Padahal, pihaknya sudah menyampaikan Maklumat Dewan Pimpinan MUI Pusat dan MUI Provinsi se-Indonesia mengenai pembahasan RUU HIP.

“Dalam maklumat tersebut, kami menduga RUU HIP ingin melumpuhkan unsur Ketuhanan pada sila pertama Pancasila secara terselubung,” tegasnya. 

Dia menilai, unsur-unsur pada RUU HIP ingin menyimpangkan makna Pancasila, yang ditunjukkan dengan upaya memecah Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila. “Karena ada tafsir-tafsir baru soal Pancasila dalam RUU itu,” tutupnya. (esa/*)

#MUI#RUU HIP#Penolakan RUU HIP

BERITA TERKAIT