jagatBisnis.com : EKONOMI & BISNIS - Kini SKP Dokter Bisa Diperpanjang Secara Online

Kini SKP Dokter Bisa Diperpanjang Secara Online


Acara penandatanganan kerja sama antara Alodokter dengan IDI. (jagatbisnis/eva)

EKONOMI & BISNIS

26 Oct 2019 14:41


jagatBisnis.com - Perkembangan teknologi tak bisa dimungkiri telah mengubah gaya hidup manusia. Setiap hari, kehidupan kita bersinggungan dengan teknologi. Bahkan, kemajuan teknologi memudahkan para dokter mendapatkan poin Satuan Kredit Profesi (SKP) secara online. SKP yang diperbaharui setiap 5 tahun ini bisa dilakukan melalui platform Alomedika dari Alodokter. 

 

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan, platform ini memudahkan para dokter mendapatkan SKP yang selama ini didapatkan melalui seminar tatap muka yang tidak bisa dilakukan setiap hari. 

 

"Dengan adanya platform ini, kini  para dokter bisa menambah ilmu setiap saat. Bahkan dengan biaya yang murah karena tidak harus ikut seminar. Karena semua materi yang ada diakreditasi dan diverifikasi oleh tim kami," katanya kepada jagatbisnis.com disela-sela menandatangani kerja sama dengan IDI, di Jakarta, Sabtu (26/10/2019)

 

Dia menjelaskan, alasan pihaknya berkolaborasi dengan platform ini, karena dokter punya kewajiban menjaga kompetensinya. Selain itu, menambah ilmu dan keahliannya. 

 

“Oleh sebab itu, perkembangan teknologi tidak bisa ditolak karena kecepatan masyarakat memperoleh informasi sangat luar biasa. Namun itu harus diimbangi dengan informasi yang akurat,” paparnya. 

 

Sementara itu, Co-founder yang juga Director Alodokter Suci Arumsari menyatakan, dengan kepercayaan yang diberikan IDI, pihaknya optimistis dapat membantu para dokter dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan bisa memberikan solusi dan dukungan kesehatan terlengkap dan terpercaya di Indonesia. 

 

“Aplikasi ini bukan menggantikan dokter. Tapi hanya menjembatani pasien ke dokter. Selain itu, platform ini juga menyediakan data referensi akurat untuk dokter sharing dan bisa mendapatkan SKP daring," inbuhnya. 

Salah satu dokter yang tergabung dalam Alomedika, Alni Magdalena mengungkapkan, untuk mendapatkan poin SKP, dokter bisa mempelajari berbagai artikel medis terbaru dan menyelesaikan tes yang diberikan secara online. Artikel medis itu menggunakan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dipahami. 

 

“Nantinya, ada 10 pertanyaan dan harus menjawab benar 7 pertanyaan untuk bisa mendapatkan poin. Jika menjawab 7 pertanyaan benar, dapat sertifikat bisa didownload lalu dikumpulkan ke IDI hingga 250 poin untuk memperpanjang surat izin praktik," kata dia. (eva)

#Alodokter#Alomedika#IDI

BERITA TERKAIT