Apical Gruop Gandeng Tanoto Foundation Bantu Oksigen Pasien Covid-19 di Padang

JagatBisnis.com – Apical Group, salah satu produsen minyak kelapa sawit berkelanjutan bersama Tanoto Foundation, mendonasikan 18 ton oksigen cair untuk pasien Covid-19 di Padang, Kamis (5/8/2021). Karena masuknya varian Delta ke Sumatera Barat menyebabkan angka penderita Covid-19 masih meningkat hingga 600 orang per hari. Oksigen yang diproduksi PT Riau Andalan Pulp & Paper (APRIL Group) telah dikirim dari Pangkalan Kerinci akan langsung didistribusikan ke rumah sakit yang membutuhkan.

“Donasi ini kami berikan sebagai upaya melanjutkan ketersediaan kebutuhan oksigen di luar Jakarta dan di dorong arahan Kementerian Perindustrian atas koordinasi dengan industri-industri yang mampu memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis. Maka, kami bersama dengan Tanoto Foundation ikut membantu pemerintah dalam pasokan ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di Padang,” kata General Manager Apical Group, Julianus Tarigan usai serah terima tabung oksigen kepada Gubernur Sumatera Barat, Kamis (5/8/2021).

Dia menjelaskan, dengan kedatangan oksigen dalam ISO Tank dari Pangkalan Kerinci sudah dapat membantu memenuhi kebutuhan dari tingginya angka penderita Covid-19. Bahan ini diakui telah mampu menyelamatkan banyak nyawa, terlebih apabila proses distribusinya dapat tercukupi untuk memenuhi kebutuhan para pasien RSUP M Djamil, Padang.

“Karena saat ini berbagai rumah sakit di Kota Padang kesulitan mendapatkan stok oksigen. Apalagi, khusus di RSUP M Djamil
setidaknya dibutuhkan sebanyak 5 ribu liter liquid oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 setiap hari. Diharapkan, dengan adanya donasi ini kebutuhan oksigen di rumah itu tidak terlalu mengkhawatirkan. Sehingga penanganan pasien Covid-19 tetap dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, tingginya angka keterisian tempat tidur juga membuktikan angka penderita Covid-19 masih tinggi. Sedangkan, di Sumatera Barat secara umum jumlah tempat tidur mencapai 76,99 persen dengan kapasitas maksimal mencapai 80 persen.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Padang Raya Cakrawala, Apical Group yang telah membantu pasien Covid-19 dan mendukung tenaga medis di Padang. Karena semua bantuan yang diberikan langsung kepada setiap rumah sakit dan klinik saat ini menjadi prioritas di seluruh wilayah Sumatra Barat, terutama oksigen medis,” ungkap Mahyeldi.

Pada kesempatan yang sama, CEO Global Tanoto Foundation, J. Satrijo Tanudjojo, menambahkan, donasi ini sejalan dengan komitmennya dalam mendukung pemerintah Indonesia selama pandemi Covid-19.
“Setelah pemerintah Indonesia memutuskan penggunaan oksigen dibutuhkan oleh kasus Covid-19 ringan dan sedang, kami segera menggunakan jejaring kami untuk mendapatkan oksigen cair demi kebutuhan saudara kita di tanah air,” tutupnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button