Amankan Pesisir Utara Sumatera, Bea Cukai Belawan Lakukan Patroli Laut Gabungan

JagatBisnis.com –   Sebagai salah satu instansi pemerintah yang memiliki tugas mengamankan wilayah perairan laut Indonesia, Bea Cukai terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mencapai fungsi tersebut. Salah satunya, Bea Cukai Belawan bersama Balai Besar Karantina Pertanian Belawan melaksanakan patroli laut bersama di perairan pesisir utara Pulau Sumatera.

Kepala Bea Cukai Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo mengatakan bahwa kegiatan operasi patroli laut bersama adalah sarana peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai.

Berlokasi di Pangkalan Dermaga Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, pada Sabtu, 15 Mei 2021, dilaksanakan apel pembukaan sinergi operasi patroli laut tersebut yang turut dihadiri Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil.

“Penyelundupan melalui pesisir utara Pulau Sumatera saat ini masih menjadi salah satu permasalahan nasional yang menjadi ancaman serius, terutama di sektor perekonomian, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangannya harus dilakukan secara maksimal dan berkesinambungan,” ujar Tri Utomo.

Kerjasama yang baik antar instansi akan memudahkan dan melancarkan pelaksanaan tugas pengawasan. “Kami berharap dengan adanya kegiatan patroli laut bersama ini dapat meningkatkan sinergi antara Bea Cukai Belawan dan Balai Besar Karantina Pertanian Belawan dalam penegakan hukum di perairan pesisir utara Pulau Sumatera. Hal ini sangat penting mengingat peran Bea Cukai dalam memberikan perlindungan terhadap perairan Indonesia,” pungkas Tri Utomo. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button