Amankan Natal 2020, Jibom Polda DIY Sisir Gereja yang Gelar Ibadah Tatap Muka

jagatBisnis.com – Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satbrimob Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melangsungkan sterilisasi pada sejumlah gereja di Kota Yogyakarta, Kamis (24/12/2020) pagi. Kegiatan ini dilakukan demi memastikan keamanan ibadah misa perayaan Natal.

Sterilisasi menyisir tiap sudut dari gereja-gereja yang tetap menyelenggarakan misa tatap muka di tengah situasi pandemi COVID-19. Satu di antaranya adalah Gereja Katolik Santo Antonius, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

Penyisiran dilakukan di beberapa titik ruangan, meliputi altar, panti imam, ruang umat, serambi, dan sekeliling bangunan. Menggunakan peralatan seperti metal detector, mirror detector, hingga endoskop.

“Dari hasil pengecekan tidak ditemukan barang-barang membahayakan. Gereja dalam keadaan steril, aman, sehingga sudah siap melaksanakan perayaan Natal,” kata Kapolsek Gondokusuman Kompol Bonifasius yang turut mendampingi sterilisasi ini, Kamis.

Boni mengatakan, jajaran Polsek Gondokusuman nantinya juga akan ikut mengamankan jalannya misa Natal di Gereja Santo Antonius yang digelar sore nanti. Dibantu unsur TNI dan ormas, personel rencananya disiagakan di pintu masuk, dalam dan luar lingkungan bangunan.

AKURAT.CO/Kumoro Damarjati

“Imbauan kepada jemaat supaya patuh terhadap prokes, lalu untuk masuk gereja supaya tidak membawa barang yang sekiranya tidak penting. Cukup bawa buku, kalau bawa tas ditinggal di kendaraan saja. Kemudian selalu hati-hati dan mengenali siapa temannya,” pesan Boni.

Pelaksanaan misa Natal di Gereja Santo Antonius, menurut Boni, disesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona. Tidak seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, jumlah jemaat dibatasi 400 orang dari biasanya yang mencapai ribuan peserta ibadah.

Itu pun para jemaat diharuskan melakukan registrasi kepada panitia terlebih dahulu sebelum mendapatkan nomor tempat duduk. Di mana tiap nomor juga diatur supaya cukup berjarak.

Sementara Ps. Panit Tim Jibom Detasemen Gegana Polda DIY Aiptu Hanang menuturkan, upaya sterilisasi ini dilakukan di beberapa gereja di Kota Yogyakarta yang menyelenggarakan ibadah tatap muka. Antara lain Gereja Katolik Santo Albertus Agung, Jetis dan Gereja Hati Kudus Yesus, Pugeran.

“Untuk lainnya (ibadah) virtual,” terangnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button