Alumnus Darunnajah: Almarhum Adalah Pejuang Pendidikan Islam

JagatBisnis.com – Mendiang almarhum KH. Mahrus Amin, pimpinan dan pendiri Pondok Pesantren Darunnajah dimata sejumlah alumnus memiliki kisah tersendiri dalam perjuangan pendidikan Islam. Hal tersebut diungkapkan salah satu alumnus ponpes tersebut, Yanuardi Syukur.

“Selain tokoh pesantren, beliau juga pendiri Santri Bela Agama dan Negara (Sabelana). Sehingga banyak teladan yang bisa diambil dari sosok beliau,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (8/8/2021).

Dia menjelaskan, dirinya bersama KH. Abdul Manaf Mukhayyar (alm) dan Letkol Drs. H. Kamaruzzaman (alm) mendirikan ma’had terbaik di Jakarta, yakni Ma’had Darunnajah. Karena ponpes tersebut telah melahirkan alumni-alumni yang berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan.

“Mulai dari tokoh Islam masyhur seperti KH. M. Arifin Ilham, Professor Amelia Fauzia, hingga para guru dan dosen, diplomat, dan pemimpin di berbagai level birokrasi, salah satunya Bupati Penajam Paser Utara, H. Abdul Gafur Mas’ud. Tokoh Wasathiyatul Islam, Professor Din Syamsuddin, ketika kuliah di IAIN Jakarta, pernah diajar oleh Kiai Mahrus Amin,” bebernya.

Menurut dia, semasa hidupnya, KH. Amin terus mengembangkan pesantren dengan menjalin kemitraan dengan instansi dalam dan luar negeri. Dari sosok beliau juga, dirinya belajar tentang filosofi pohon pisang.

“Pohon pisang itu punya banyak nilai tambah dan filosofis. Belajar dari pohon pisang, tumbuhan itu tidak akan maksimal dampaknya jika hanya tumbuh di satu tempat,” tegasnya.

Dia menambahkan, tunas-tunas pohon pisang yang bermunculan di sekitar induknya, kalau dipisahkan dan ditanam kembali di tempat lain, akan tumbuh menjadi pohon-pohon pisang baru. Sehingga bermanfaat bagi lingkungan sekelilingnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button