Alasan Baju Satpam Mirip Polisi

JagatBisnis.com – Banyak yang bertanya, mengapa seragam yang kenakan satuan pengamanan (Satpam) saat ini mirip dengan seragam kepolisian? Baju atasan berwarna coklat muda dan bawahan berwarna coklat tua. Bahkan, ada tanda kepangkatan yang terbuat dari kain dan logam, serta dipasang pada pundak kanan dan kiri, mirip dengan seragam petugas kepolisian. Hal itu, pasti ada alasan dibalik semua itu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri saat itu, yakni Brigjen (Pol) Awi Setiyono menjelaskan
kebijakan seragam baru ini berdasarkan Peraturan Kepala kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Maka, sesuai dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa, seragam terbaru satpam, baik pria maupun wanita, yaitu mengenakan baju atasan coklat muda dan bawahan coklat tua.

“Alasan perubahan seragam itu adalah untuk menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” kata Awi.

Dijelaskan, Awi, warna coklat adalah warna netral yang identik dengan warna-warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu.
Selain itu, warna coklat juga melambangkan kebersahajaan, kehangatan, kejujuran, dan keanggunan. Dengan penerbitan peraturan seragam baru itu, Polri akan menindak oknum yang menyalahgunakan seragam anggota satpam.

“Kalau masalah rawan pemalsuan, penyalahgunaan, tentunya kita proses sesuai peraturan perundang-undangan. Karena dalam aturan itu juga, jenis seragam satpam kini bertambah dari empat menjadi lima macam. Kelimanya terdiri dari PDH, Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL),” bebernya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button