Ajak Masyarakat Kolaborasi, Pemprov DKI Jakarta-JXB Adakan Sayembara Nama Jalan

JagatBisnis.com –   Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jakarta Experience Board (JXB) / PT Jakarta Tourisindo menggelar Sayembara Penamaan Jalan di Kawasan Pantai Kita dan Kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara. Masyarakat dapat berpartisipasi mengikuti sayembara ini dengan mengirimkan proposal dan mengunggah ide melalui platform Instagram.

Masyarakat dapat mengikuti sayembara yang dimulai pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia lalu dan akan ditutup pada 13 September 2021. Sayembara ini menjadi salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam perwujudan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris menekankan pentingnya melibatkan masyarakat dalam pembangunan Jakarta.

“Jika pembangunan ibukota dilakukan dengan cara berkolaborasi langsung bersama masyarakat, maka akan tercipta rasa kepemilikan dan rasa bangga. Bahwa dalam kawasan ini, ada peran masyarakat yang ikut mewarnai. Sehingga nantinya masyarakat akan lebih bisa menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan di kawasan tersebut,” ujar beliau.

Seiring dengan semakin meningkatnya pembangunan dan jumlah penduduk di DKI Jakarta, maka bertambah pula kebutuhan akan ruang publik maupun infrastruktur yang ada. Salah satu ruang publik yang bertambah berada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, yaitu Kawasan Pantai Kita dan Pantai Maju.

Kedua kawasan yang merupakan kawasan pantai buatan hasil dari proses reklamasi ini membutuhkan penamaan nama jalan yang menarik dan merepresentasikan kearifan lokal sehingga mudah dikenal masyarakat. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta melalui JXB akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk terlibat dalam pemberian nama jalan di kawasan tersebut.

Direktur Utama JXB Novita Dewi menyampaikan bahwa setiap lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam acara ini. “JXB sebagai BUMD DKI Jakarta akan membantu Pemprov DKI Jakarta untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyumbangkan idenya. Masyarakat dapat mengirimkan proposal atau materi ide-nya melalui instagram,” jelas beliau.

Sayembara ini dilakukan untuk mengumpulkan ide untuk penamaan 5 ruas jalan, 1 bundaran, 3 jembatan dan 2 taman di Kawasan Pantai Kita dan Pantai Maju.

Peserta sayembara, baik individu maupun kelompok dapat membuat sebuah proposal yang berisi filosofi dari nama dan landmark yang ingin diberi nama. Proposal dengan format pdf tersebut dapat dikirimkan ke email [email protected] dengan rincian isi proposal terdiri dari profil data diri, nama jalan dan landmark yang diusulkan, filosofi, latar belakang dan keterkaitan nama.

Peserta mengunggah usulan nama dan filosofi di platform sosial media Instagram dengan menggunakan hashtag #KitaKasihNama dan #JadilahBagianSejarah dan menandai akun @jxboard, @dkijakarta serta @plusjakarta.

Pengumuman pemenang rencananya akan diumumkan pada 1 Oktober mendatang dan terdapat total hadiah uang tunai sejumlah lebih dari 50 juta rupiah yang dapat dimenangkan. “Kami berharap masyarakat dapat ikut meramaikan sayembara ini dan menjadi bagian dari sejarah karena telah berkolaborasi langsung dalam pembangunan ibukota,” tutup Afan.(hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button