Ada Delapan Rest Area Pemeriksaan Rapid Tes Antigen, Catat Lokasinya

jagatBisnis.com Libur Natal dan libur Tahun Baru akan tiba, biasanya hari libur tersebut sering dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk berlibur atau bersilaturahmi mengunjungi sanak saudara.

Namun karena virus corona yang meyerang Indonesia belum juga dapat diatasi, maka agar dapat menekan angka penyebaran virus corona. Masyarakat yang ingin berpegian harus mengantongi hasil negatif dari rapid tes antigen.

Nah, sebanyak delapan rest area atau tempat pemberhentian sementara yang ada di Tol Cipularang dan Tol Cipali, bakal dijadikan tempat pemeriksaan rapid test antigen kepada masyarakat yang bepergian baik dari Bandung menuju Jakarta maupun Jakarta ke Bandung.

Informasi tentang delapan rest area di Jabar yang dijadikan tempat pemeriksaan rapid antigen tertuang dalam surat edaran yang dibuat oleh Satpol PP Jawa Barat dengan nomor 2437/HUB.05.01/Sekretariat. “Ya betul (terkait surat edaran tersebut),” ungkap Ade Afriandi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi Jawa Barat yang dikutip dari Antara, Kamis 24 Desember 2020.

 

mudik

 

Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Satpol PP Jabar dijelaskan bahwa pemeriksaan/screening rapid antigen dan swab secara masif kepada masyarakat serta pengunjung di beberapa rest area pada 24 sampai 27 Desember, dan 30 sampai 31 Desember.

Untuk pengecekan dan pengetesan ini rencananya dilakukan di ruas tol, yakni Cipularang dan Cipali. Untuk Tol Cipularang akan berlangsungdi rest area 97, 57, 72A, dan 72B. Sedangkan untuk di Tol Cipali berjalan di rest area 86A, 86B, 101B, dan 102A. Melalui surat ini, Kadis Satpol PP Jabar Ade berharap aparat dari berbagai pihak bisa ikut serta melakukan pengawasan tersebut.

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akan melakukan pengaman lalu lintas di tiga jalur di beberapa wilayah Jabar dan pengamanan dilakukan untuk mengurai kerumunan selama Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Adapun tiga jalur yang akan menjadi fokus pengamanan Polda Jabar yakni jalan tol dalam dan luar kota, jalur arteri dan jalur wisata seperti di Puncak Bogor dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

 

Mudik

 

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, terkait pengamanan laku lintas Nataru 2021 saat ini sudah diatur oleh pemerintah daerah masing-masing. Seluruh personel sudah dikerahkan hingga hari H pergantian tahun. “Semua sudah diatur, kami nanti hanya melakukan pengamanan, berkaitan dengan penyekatan yang ada di wilayah masing-masing,” ujar Eddy.

Menurut dia sejumlah pos pengamanan untuk tiga jalur yang akan dilakukan pengawasan sudah dibuat dan beberapa personel Polda Jabar nantinya akan turut melakukan penjagaan bersama unsur pemerintahan daerah masing-masing.

“Dan kami sudah siapkan, pos pelayanan, pos pengamanan, ada semuanya sudah tergelar, kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka pengamanan Nataru,” pungkasnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button