Ada 2 Cara Menangani Anak yang Kesulitan Belajar Ala ISM

JagatBisnis.com –  Kesulitan belajar pada anak bukanlah pertanda lemah rendahnya inteligensi anak. Karena kesulitan belajar merupakan fenomena yang umum terjadi dalam suatu proses belajar dan pendidikan seorang anak. Penyedia jasa psikotes, PT. Ikhlas Safari Mulia (ISM) memiliki 2 cara penanganan pada anak dengan kesulitan belajar. Biasanya, penanganan yang diberikan pada anak dengan kesulitan belajar tergantung pada hasil pemeriksaan yang komprehensif dari tim kerja.

Divisi Psikologi, Maudi Ananda S.Psi mengatakan, ada 2 penanganan yang diberikan pada anak dengan kesulitan belajar, yaitu, penatalaksana di bidang medis dan penatalaksana di bidang pendidikan. Untuk bidang medis, bisa dilakukan dengan terapi obat. Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan gangguan fisik atau psikiatrik yang diderita oleh anak.

Berita Terkait

“Selain itu, bisa juga dengan terapi perilaku. Terapi yang sering kami berikan dengan modifikasi perilaku. Dalam hal ini anak akan mendapatkan penghargaan langsung jika dia dapat memenuhi suatu tugas atau tanggung jawab atau perilaku

positif tertentu. Bahkan, anak akan mendapatkan peringatan jika memperlihatkan perilaku negatif. Sehingga anak bisa mengontrol perilaku negatif yang tidak dikehendaki, baik di sekolah maupun di

rumah,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (30/5/2021).

Dia menjelaskan, terapi medis lainnya bisa dilakukan dengan psikoterapi suportif yang dapat diberikan pada anak dan keluarganya. Tujuannya, untuk memberi pengertian dan pemahaman mengenai kesulitan yang ada. Sehingga dapat menimbulkan motivasi yang konsisten

dalam usaha untuk memerangi kesulitan ini.

“Kami juga melakukan pendekatan psikososial lainnya, seperti psikoedukasi orang tua dan guru serta pelatihan keterampilan sosial bagi anak,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, untuk penatalaksana di bidang pendidikan, terapi yang paling efektif yang dilakukan adalah terapi remedial. Terapi ini merupakan bimbingan langsung oleh guru yang  terlatih dalam mengatasi kesulitan belajar anak. Guru remedial ini akan menyusun suatu metoda pengajaran yang sesuai bagi setiap anak.

“Guru juga akan melatih anak untuk dapat belajar baik dengan teknik-teknik pembelajaran tertentu (sesuai dengan jenis kesulitan belajar yang dihadapi anak) yang sangat bermanfaat bagi anak dengan kesulitan belajar,” ujarya.

Menurutnya, pendekatan yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan belajar. Pertama, dengan Program Pendidikan yang Diindividualkan (PPI), yaitu sejenis program pembelajaran berpusat pada anak yang memuat tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang yang disusun berdasarkan hasil asesmen. Kedua,

intervensi yang dilakukan di lembaga formal sekolah 182 kelas dengan melibatkan guru, kepala sekolah, konselor sekolah, ahli psikologi pendidikan, pegawai sekolah dan anak.

“Ketiga, kepekaan angka. Kelancaran dan fleksibilitas anak dengan angka, peka terhadap apa artinya angka-angka, kemampuan untuk melakukan mental aritmatika dan membuat perbandingan anak yang memiliki kepekaan angka yang baik akan memiliki “rasa” pada matematika. Karena matematika merupakan, salah satu keterampilan akademik yang mengkaji pembuatan hubungan, keteraturan, struktur atau skema organisasi yang berhubungan dengan ruang, waktu, berat, massa, isi, geometri dan angka,” bebernya.

Sedangkan, lanjut dia, pendekatan keempat, yaitu pendekatan keterampilan proses ini merupakan pendekatan pembelajaran bahasa yang memfokuskan pada hal mengamati, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan mengkomunikasikan. Misalnya, mendeskripsikan suatu benda, menulis surat, dan membuat iklan.

“Pendekatan terakhir yang kami lakukan untuk mengatasi gangguan belajar pada anak adalah pnedekatan konstruktivisme yang merupakan pembelajaran yang memandang anak sebagai subjek pembelajaran bukan sebagai objek pembelajaran. Guru hanya berperan sebagai motivator dan fasilitator di dalam membangkitkan potensi siswa dalam membangun ide masing-masing di dalam pembelajaran,” tutup Maudi. (eva)

Selain itu, PT. Ikhlas Safari mulia juga menyediakan aplikasi gratis yang berkaitan dengan Gangguan Belajar pada anak. Aplikasi gangguan belajar dapat di download melalui playstore dengan link berikut : https://play.google.com/store/apps/developer?id=Hadi+Fakhri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button