63,78 Ton Rempah-Rempah Sulawesi Tengah Tembus Pasar Internasional

JagatBisnis.com –  Bea Cukai Pantoloan jadi salah satu instansi yang menginisiasi ekspor perdana rempah-rempah langsung dari Sulawesi Tengah. Sebanyak 63,78 ton rempah-rempah senilai 3,7 miliar diekspor langsung ke Vietnam dan Tiongkok pada akhir Maret lalu.

“Komoditas rempah-rempah tersebut terdiri atas lada putih sebanyak 50,13 ton dan bunga pala sebanyak 1,47 ton yang diekspor oleh PT. Olam Indonesia dengan tujuan Vietnam serta pala biji sebanyak 12,18 ton yang diekspor oleh PT. Yusri Multi Guna Abadi dengan tujuan Tiongko,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Pantoloan, Alimuddin Lisaw.

Ekspor ini berhasil diselenggarakan berkat kesuksesan kerja sama antara Bea Cukai Pantoloan, Karantina Pertanian Palu, Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, PT. Olam Indonesia dan PT. Yusri Multi Guna Abadi, setelah sebelumnya beberapa kali mengirimkan sampel serupa ke berbagai Negara di Asia.

Dalam acara pelepasan ekspor tersebut, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Bunga Elim Somba, mengungkapkan, “Pelepasan ekspor perdana komoditas rempah-rempah secara bersama-sama ini membuktikan dukungan yang kuat dari kita terhadap petani dan pelaku usaha pertanian di Sulawesi Tengah” ungkapnya mewakili Gubernur Sulawesi Tengah.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button