6 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan

jagatBisnis.com – Jika obesitas berdampak buruk bagi kesehatan, begitu juga dengan kekurangan berat badan. Memiliki tubuh kurus tidak selalu berarti Anda sehat loh. Ini sebenarnya membuat Anda lebih rentan terhadap masalah kesehatan seperti osteoporosis, patah tulang, masalah kesuburan, dan kekebalan yang lemah.

Seseorang dianggap kurus jika indeks massa tubuhnya (BMI) di bawah 18,5. Jumlah tersebut diperkirakan kurang dari jumlah massa tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Jika  kekurangan berat badan, Anda perlu mendapatkan massa otot dan lemak subkutan dalam jumlah yang seimbang, yang hanya dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengikuti gaya hidup sehat.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan massa otot dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dilansir dari Times of India.

Nasi

Nasi adalah makanan kaya karbohidrat dan padat kalori yang dapat membantu Anda menambah berat badan lebih cepat. Secangkir nasi mengandung 200 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sangat sedikit lemak.

 

Photo :

  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bagian terbaiknya adalah mudah dimasak dan bisa dipasangkan dengan sayuran apa saja. Tambahkan kari atau kacang-kacangan ke dalam nasi dan makanan Anda sudah siap.

Kacang dan mentega 

Kacang dan selai kacang adalah sumber lemak yang sehat dan dapat membantu menambah massa otot. Mereka membuat camilan yang sempurna untuk mengalahkan rasa lapar tengah hari.

Apakah Anda memilih almond, kacang mete atau kenari semuanya adalah pilihan yang sehat. Anda juga bisa mencampurkan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk mendapatkan berbagai jenis nutrisi.

Ayam dan daging

Meningkatkan asupan protein tidak hanya diperlukan saat Anda mencoba menurunkan berat badan, tetapi juga diperlukan saat mencoba menambah berat badan.

 

Photo :

  • U-Report

Protein dibutuhkan untuk membangun otot dan ayam serta daging adalah dua sumber protein berkualitas tinggi terbaik. Mereka juga dikemas dengan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dianggap yang terbaik saat mencoba menambah berat badan. Salmon mengandung sekitar 240 kalori dan banyak nutrisi, termasuk omega-3 dan protein. Ikan mentega dan ikan bawal India adalah beberapa ikan berlemak lain yang dapat dimakan.

Sayuran bertepung

Makan sayuran bertepung adalah cara mudah untuk menambahkan lebih banyak karbohidrat dan kalori ke dalam makanan. Mereka membantu Anda menambah berat badan dan juga meningkatkan simpanan glikogen otot.

 

Photo :

  • U-Report

Jagung, kentang, kacang-kacangan, dan ubi jalar adalah beberapa sumber pati yang bagus dan harus menjadi bagian dari makanan Anda saat mencoba menambahkan beberapa kilo. Makanan ini juga dikemas dengan nutrisi dan dapat membantu memelihara bakteri usus Anda.

Susu

Susu sangat baik untuk menambah berat badan dan telah dijamin selama berabad-abad untuk manfaat kesehatannya. Kaya akan kalsium, protein, karbohidrat, dan lemak, susu harus dimasukkan ke dalam makanan saat mencoba menambah massa otot atau berat badan. Minuman ini juga membuat tulang dan gigi menjadi lebih kuat.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button