5 Keuntungan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

JagatBisnis.com – Bulan bersih Ramadan yang telah ditunggu- tunggu telah datang. Di bulan bersih yang penuh bantuan ini, para pemeluk Islam di semua bumi bersaingan mengakulasi balasan, dengan melakukan kebaikan kepada sesama dan menggandakan kebaikan ibadah.

Salah satu ibadah yang sangat direkomendasikan untuk diamalkan di bulan Ramadan ini, merupakan tadarus Alquran. Kegiatan membaca dan menguasai buku bersih pemeluk Islam itu, ialah ibadah yang sangat terkenal loh di bulan Ramadan ini.

Dengan teratur melakukan tadarus Alquran, kita tak cuma akan menguatkan keagamaan dan menaikkan ilmu agama Islam saja, tetapi pula akan merasakan sebagian khasiat besar yang lain.

Khasiat Tadarus Alquran Saat Ramadhan

Tidak hanya bisa menaikkan balasan, tadarus alquran ataupun kegiatan membaca quran dengan cara bersama memiliki banyak profit. Ikuti uraiannya di mari.

Di bulan Ramadan, balasan seorang mukmin yang melakukan ibadah akan berkeluk dobel. Oleh karenannya, melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ibadah amat direkomendasikan,

Nah, salah satu kegiatan yang dapat kalian jalani di bulan ramadhan merupakan tadarus alquran. Tidak hanya bisa menggandakan balasan, membaca kita bersih alquran dengan cara bersama serupa pula memberikan banyak khasiat.

Apa saja khasiat tadarus alquran di bulan Ramadan? Ayo, cek uraian sepenuhnya di dasar ini.

Nah, selanjutnya ini 5 khasiat tadarus Alquran di bulan Ramadan.

1. Mendapatkan balasan yang berkeluk ganda

Khasiat awal yang akan kalian miliki dari tadarus Alquran di bulan Ramadan merupakan mendapatkan balasan yang berkeluk dobel. Seluruh kebaikan ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan ini akan diserahkan balasan yang berkeluk dobel loh oleh Allah SWT, tak lain tadarus Alquran, yang ialah ibadah yang sangat direkomendasikan untuk diamalkan, di bulan penuh belas kasihan ini.

Membaca satu graf Alquran, akan dibalas dengan 10 kebajikan oleh Allah SWT, semacam yang telah diriwayatkan oleh Iman- At Tirmidzi dalam hadist Rasullah SAW. Nah, cuma membaca satu graf saja, akan mendapatkan 10 kebajikan, gimana jika kita membaca lebih dari satu graf? Pastinya akan banyak sekali balasan yang akan kita bisa. Oleh karena itu, daripada melakukan kegiatan yang tidak terdapat artinya, semacam cuma bermalasan saja, lebih bagus menggandakan balasan dengan teratur melakukan tadarus Alquran.

2. Memperkuat jalinan persaudaraan Islamiyah

Nah, ini ia salah satu khasiat terbesar dari tadarus Alquran di bulan Ramadan, ialah memperkuat persaudaraan Islamiyah, ataupun perkerabatan sesama pemeluk Islam. Dengan menjajaki kegiatan tadarus Alquran di langgar ataupun mushola, hingga akan menyambung persahabatan dengan sesama kerabat mukmin yang lain, yang mungkin saja luang terpenggal karena padat jadwal dengan aktivitas tiap hari yang amat padat.

Dengan teratur menjajaki kegiatan tadarus Alquran di langgar ataupun mushola selama bulan Ramadan, akan tingkatkan interaksi dengan sesama kalangan Muslimin, yang dengan cara tidak langsung pula akan memperkuat jalinan persaudaraan Islamiyah.

3. Jiwa jadi lebih hening dan tentram

Melakukan tadarus Alquran tak cuma akan membuat kita mendapatkan balasan yang berkeluk dobel saja, tetapi pula akan memberikan kenyamanan dan ketentraman dalam jiwa kita. Di dalam Pesan Al- Isra[17] bagian 82, dipaparkan kalau Alquran diturunkan oleh Allah SWT, untuk jadi obat untuk seluruh penyakit kebatinan, alhasil untuk siapapun yang membacanya akan mendapatkan kenyamanan dan ketentraman dalam jiwanya.

4. Bebas dari ghibah

Dalam area sosial, ghibah kerapkali terjadi. Nah, dengan menjajaki kegiatan positif semacam tadarus Alquran di langgar, hingga akan membuat kita bebas dari ghibah. Pastinya dengan memo kalau kita cuma fokus beribadah saja, dan tidak melakukan kegiatan yang lain yang membidik ke ghibah. Pastinya kalian tidak mau bukan jika balasan puasa menurun karena ghibah yang tidak terdapat artinya?

5. Mendapatkan syafaat di hari kiamat

” Ibadah puasa dan membaca AlQuran akan berikan syafaat untuk seorang hamba di hari akhir zaman esok. Puasa mengatakan: Aduhai Rabb, saya telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, hingga izinkanlah saya memberikannya syafaat kepadanya. Dan Alquran juga mengatakan: Saya menahannya dari durasi tidur di malam hari, hingga izinkanlah saya memberikan syafaat kepadanya, hingga keduanya juga diizinkan memberikan syafaat.”[HR. Ahmad, Shahih At- Targhib: 1429]

Nah, khasiat terakhir dari tadarus Alquran di bulan Ramadan merupakan mendapatkan syafaat di hari akhir zaman. Sesuai dengan uraian dari hadist diatas, kalau siapapun yang melaksanakan ibadah puasa dan membaca Alquran, akan mendapatkan syafaat dari kedua ibadah itu pada hari akhir zaman esok, atas permisi Allah SWT. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button