5 Fakta Menarik Mobil Lapis Baja untuk Istri PM Israel Sara Netanyahu, Seharga Rp4,7 Miliar!

jagatBisnis.com – Kabar mengejutkan datang dari Israel. Setelah sempat bersitegang dengan sejumlah negara tetangga, kini istri Perdana Menteri Israel Sara Netanyahu membawa sejarah baru bagi pemerintahan Israel. Jika sebelumnya hanya perdana menteri yang mendapat pengawalan mobil lapis baja, kini istri Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, juga akan mendapat kendaraan mobil lapis baja tersebut. Mobil lapis baja yang digunakan oleh pemerintah Israel adalah Skoda Superb yang diproduksi oleh Skoda Auto.

Dilansir dari berbagai sumber, wartawan mengumpulkan sejumlah fakta menarik tentang Skoda Superb.

1. Berasal dari Republik Ceko

wikipedia.org

Skoda Auto adalah salah satu manufaktur dunia otomotif tertua di dunia yang berdiri pada tahun 1895. Perusahaan otomotif yang didirikan oleh Laurin dan Klement di Republik Ceko ini kini telah bergabung dengan salah satu perusahan otomotif global asal Jerman, Volkswagen. Hingga 2018 lalu, penjualan Skoda mencapai lebih dari 1,25 juta unit di lebih dari 100 negara dunia. Profit perusahaan ini pun mencapai 1,6 miliar euro atau sekitar Rp27,8 triliun pada tahun 2017 silam.

2. Bertahan hingga tiga generasi

wikipedia.org

Skoda Superb adalah mobil keluarga yang hingga kini masih bertahan sejak perilisan generasi pertamanya pada tahun 2001 silam. Dengan basis platform mobil dari Volkswagen, generasi pertama Skoda Superb dirilis pada tahun 2001 hingga akhirnya diganti oleh generasi kedua pada tahun 2008. Setelah bertahan hingga tahun 2015, generasi ketiga adalah generasi terbaru Skoda Superb yang bertahan hingga kini. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang dimodifikasi khusus.

3. Rilis mobil lapis baja

 ynetnews.com

Pada tahun 2018 silam, Skoda memutuskan untuk merilis salah satu mobil terkuat di dunia secara massal. Bekerja sama dengan sebuah perusahaan asal Inggris, Skoda merilis Skoda Superb yang dilengkapi dengan fasilitas lapis baja. Dengan fasilitas ini, mobil tersebut mampu bertahan terhadap berbagai macam peluru hingga ledakan apa pun. Meski dilengkapi dengan berbagai bentuk perlengkapan, mobil ini tetap mempertahankan konsep mobil keluarganya.

4. Kaca antipeluru dan mesin berkekuatan 187 tenaga kuda

topspeed.com

Sejumlah material dibenamkan ke dalam mobil yang memiliki nilai sekitar 118,68 ribu pound sterling atau sekitar Rp2,26 miliar tersebut, mulai dari kaca antipeluru, baja berkekuatan tinggi, hingga bahan komposit. Selain itu, Skoda Superb juga dilengkapi dengan mesin berkekuatan 187 tenaga kuda yang mampu mencapai kecepatan hingga 120 mph. Ada juga fasilitas interior mewah mulai dari lcd 8 inchi hingga telah lulus sertifikat PAS 300 yang menandakan mobil ini bisa bertahan dan melindungi orang yang ada di dalamnya dari berbagai tembakan dan ledakan.

5. Dijadikan kendaraan pengamanan bagi Sara Netanyahu

 timesofisrael.com

Pemerintah Israel menggunakan mobil produksi manufaktur dari Republik Ceko ini sebagai mobil keamanan dari perdana menterinya. Kini istrinya, Sara Netanyahu juga akan mendapat pengamanan yang sama. Namun, Skoda Superb yang digunakan sebagai bentuk pengamanan kepada Sara Netanyahu berbeda dengan mobil yang dijual di pasar. Dengan harga hampir tiga kali lipat dari harga pasar, yaitu sebesar USD 330 ribu atau setara dengan Rp4,7 miliar, mobil ini memiliki dukungan keamanan yang lebih tinggi.

Skoda juga mengklaim bahwa seluruh bagian dari mobil Skoda Superb tidak akan bisa tertembus oleh peluru. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button