4 Pengikut Rizieq yang Kabur Ditemukan Geletak di Jalan, Cek Faktanya

jagatBisnis.com – Akun Facebook Ronny Millaj mengunggah sebuah gambar hasil tangkapan layar artikel berita Liputan6.com berjudul “Ke 4 pengikut Rizieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan” penulis Ady Anugrahadi pada 7 Desember 2020, 13:30 WIB.

Narasi:

“INNALILLAHI WAINNAILAIHI ROJIUN”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, hasil tangkapan layar artikel berita Liputan6.com adalah hasil suntingan/editan. Setelah ditelusuri dengan mencocokkan waktu artikel dimuat dan nama penulis, artikel tersebut mengarah pada artikel berjudul “Polisi Sebut 4 Pengikut Rizieq Shihab Anggota Laskar Khusus Kabur Usai Baku Tembak”.

Pada artikel tersebut terdapat kesamaan nama penulis Ady Anugrahadi dan waktu muat artikel, pada 7 Desember 2020, pukul 13:30 WIB.

Adapun gambar yang dicantumkan dalam artikel Liputan6.com “Polisi Sebut 4 Pengikut Rizieq Shihab Anggota Laskar Khusus Kabur Usai Baku Tembak” foto yang dimuat adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berkunjung ke Markas Polsek Cengkareng, Jakarta Barat.

Sedangkan gambar foto yang dicantumkan pada klaim tangkapan layar artikel Liputan6.com sudah tersebar sejak lama di internet dan pernah diunggah di situs memecenter.com. Foto tersebut merupakan meme dari Filipina yang dimuat sejak 8 tahun lalu.

Dilansir dari Liputan6.com, Redaktur Pelaksana News Liputan6.com Andry Haryanto menyatakan, klaim tangkapan layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan tidak benar. Tangkapan layar artikel tersebut telah diedit dari aslinya.

“Itu hoaks. Saya menyayangkan adanya perbuatan mengubah berita Liputan6.com, ini tidak bisa dimaklumi karena akan meruncing permasalahan,” kata Andry saat berbincang dengan Liputan6.com.

Dengan demikian, gambar hasil tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul “Ke 4 pengikut RIzieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan” adalah salah karena tidak sesuai fakta dan termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Gambar hasil suntingan/editan. Artikel asli berjudul “Polisi Sebut 4 Pengikut Rizieq Shihab Anggota Laskar Khusus Kabur Usai Baku Tembak”. Pada artikel tersebut terdapat kesamaan nama penulis Ady Anugrahadi dan waktu muat artikel, pada 7 Desember 2020, pukul 13:30 WIB. Dengan demikian, unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button