4 Dampak Buruk Terlalu Sering Naik Motor Siang Bolong, Ngeri!

jagatBisnis.com – Sejak dulu, sepeda motor acap menemani masyarakat Indonesia dalam berkegiatan. Namun, mengendarai kendaraan roda dua bukannya tanpa risiko. Selain kecelakaan, ada ancaman lain yang bisa menimpa pengendara. Lantas, apa saja gerangan?

Disitat dari Wahana Honda, Senin 30 November 2020, rupanya ada waktu-waktu tertentu di mana Anda tak boleh terlalu sering mengendarai sepeda motor. Salah satunya, siang hari atau saat matahari menyorot tajam. Sebab, jika hal itu terus-terusan dilakukan, ada sejumlah risiko kesehatan yang mengancam.

 

 

Berikut kami sajikan empat risiko kesehatan yang mengancam seseorang jika terlalu sering mengendarai motor siang hari.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana Anda mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan mudah merasa haus, mudah mengantuk, dan cepat lelah hingga pusing atau sakit kepala.

Kondisi ini bisa menimpa siapa pun tanpa memandang jenis kelamin ataupun usia. Terlebih, jika Anda sedang berkendara di siang hari yang cuacanya sangat terik dan jalanan cukup macet. Alhasil, tubuh Anda mengeluarkan banyak keringat yang kemudian membuat cairan dalam tubuh berkurang signifikan.

 

 

Solusi untuk mengatasinya ialah dengan berteduh terlebih dahulu di tempat yang lebih rindang. Lalu, konsumsilah minuman elektrolit untuk meningkatkan kembali cairan dalam tubuh.

Nyeri punggung

Pernahkah Anda mengalami sakit atau nyeri punggung setelah mengendarai motor? Hal ini umum terjadi di kalangan para pengemudi. Terlebih jika Anda sedang menempuh perjalanan yang cukup jauh hingga memakan waktu berjam-jam di jalan.

Risiko nyeri punggung ini pun dipengaruhi lagi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari usia, jenis kelamin, berat badan hingga aktivitas olahraga. Mereka yang tidak rutin berolahraga tentu lebih rawan mengalami sakit atau nyeri punggung saat berkendara.

Jerawat

Selain dapat menyebabkan sesak nafas pada beberapa orang yang sensitive, kotoran dan asap kendaraan yang menempel di wajah bisa memicu timbulnya jerawat.

Solusi untuk terhindar dari permasalahan wajah tersebut ialah dengan menggunakan facial wash sesaat setelah sampai di tujuan. Kemudian, basuhlah dengan air bersih yang mengalir sehingga wajah Anda akan tetap terjaga kesegarannya.

 

Heat stroke

Cuaca siang hari yang terlampau panas atau melebihi suhu biasanya sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh Anda. Bagi orang yang tak terbiasa, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya heat stroke atau sengatan panas. Di mana suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat celcius atau bahkan lebih.

Kondisi ini terbilang cukup berbahaya, apalagi jika tak segera ditangani pihak medis. Sebab, dikhawatirkan dapat menyebabkan berbagai macam gejala, seperti mual dan muntah, jantung berdebar, napas cepat, kulit memerah, serta sakit kepala.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button