26 WNI di Afganistan Berhasil Dievakuasi oleh Pemerintah Indonesia

JagatBisnis.com – Pemerintah Indonesia sukses memindahkan sebesar 26 masyarakat negeri Indonesia( WNI) untuk pergi dari Afghanistan yang sedang diterpa darurat keamanan setelah pengambilalihan kewenangan oleh kelompok Taliban.

” Alhamdullilah, Penguasa Indonesia telah sukses memindahkan WNI dari Keikhlasan, Afghanistan dengan pesawat Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan udara,” tutur Menteri Luar Negara, Retno Marsudi, di akun sah Twitternya, Jumat 20 Agustus 2021.

Menlu Retno melalui cuitannya di Twitter mengatakan kalau pesawat Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan udara(AU) yang membuat para WNI yang dievakuasi dari Keikhlasan, Afghanistan sudah terletak di Islamabad, Pakistan untuk meneruskan penerbangan ke Indonesia.

Tim pemindahan telah sukses membuat pergi sebesar 26 orang WNI termasuk karyawan KBRI Keikhlasan, 5 masyarakat Filipina, dan 2 masyarakat Afghanistan, ialah suami dari WNI dan karyawan lokal KBRI Keikhlasan.

Sebelumnya, Penguasa Indonesia merancang pemindahan WNI dari Afghanistan, menyusul memburuknya suasana keamanan di negeri itu setelah Bunda Kota Keikhlasan didapat ganti gerilyawan Taliban pada Minggu 15 Agustus 2021.

Pihak Departemen Luar Negara RI dan KBRI Keikhlasan juga telah melakukan pertemuan dengan cara virtual dengan para WNI di Afghanistan untuk memantau situasi dan menjelaskan tahap perencanaan pemindahan.

Tidak hanya itu, Penguasa Indonesia pula lalu melakukan komunikasi dengan seluruh pihak di Afghanistan dan dengan perwakilan Perserikatan Bangsa- Bangsa( PBB) dan perwakilan asing yang lain di Afghanistan.

Berikutnya, Penguasa Indonesia menginginkan penanganan masalah politik di Afghanistan tetap bisa dilakukan melalui cara Afghan- owned, Afghan- led, ialah dengan memajukan kebutuhan orang Afghanistan dalam perdamaian dan mengaitkan semua pihak dalam di Afghanistan.

Perdamaian dan kemantapan pastinya amat diharapkan oleh warga Afghanistan dan bumi global, demikian statment Kemlu RI.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button