Ekbis  

PT Ever Shine Tex Tbk (ESTI) Berkomitmen pada Energi Hijau dan Berkelanjutan

PT Ever Shine Tex Tbk (ESTI) Berkomitmen pada Energi Hijau dan Berkelanjutan. foto dok evershinetex.com

JagatBisnis.com – PT Ever Shine Tex Tbk (ESTI) menunjukkan komitmennya yang kuat terhadap praktik berkelanjutan dengan fokus utama pada penerapan energi hijau dalam operasionalnya. Perusahaan tekstil ini telah berhasil mengimplementasikan energi terbarukan sebesar 40% dari total kapasitas produksinya saat ini, sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kinerja operasional dan mengurangi dampak lingkungan.

Michael Sung, Direktur ESTI, menyatakan bahwa penggunaan energi hijau tidak hanya memberikan manfaat lingkungan yang signifikan, tetapi juga berdampak positif pada aspek ekonomi perusahaan. “Dengan adopsi energi hijau ini, kami berhasil menekan biaya energi dalam jangka panjang, yang berpotensi meningkatkan profitabilitas ESTI ke depannya,” ujarnya.

Meskipun ESTI telah mengambil langkah nyata dalam menjalankan praktik berkelanjutan sesuai dengan target pemerintah, Michael menyoroti bahwa dukungan dari pemerintah dan lembaga keuangan masih minim. Hal ini menjadi tantangan serius bagi perusahaan dalam mendapatkan pendanaan tambahan untuk pengembangan energi berkelanjutan (EBT) mereka.

Baca Juga :   MW, PLN Dukung Amazon Penuhi Energi Hijau

“Kami mengandalkan kas internal dan sistem leasing untuk mengembangkan EBT kami, karena mendapatkan pendanaan tambahan dari luar sangat sulit saat ini,” tambahnya.

Baca Juga :   MW, PLN Dukung Amazon Penuhi Energi Hijau

Permasalahan lebih lanjut terletak pada klasifikasi ESTI sebagai industri merah oleh institusi dan perbankan. Klasifikasi ini tidak selaras dengan komitmen ESTI dalam praktik berkelanjutan, sehingga mempersulit akses perusahaan untuk mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan.

Meski demikian, Michael Sung tetap optimistis terkait dampak positif jangka panjang dari penerapan energi hijau dan inisiatif berkelanjutan oleh ESTI. Selain manfaat ekonomi yang jelas, seperti pengurangan biaya operasional dan emisi karbon, inisiatif ini juga diharapkan meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen yang semakin peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga :   MW, PLN Dukung Amazon Penuhi Energi Hijau

“Ini bukan hanya tentang keberlanjutan bisnis, tetapi juga bagaimana kami berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat,” tegasnya.

Dengan terus mengembangkan praktik berkelanjutan, ESTI tidak hanya berinvestasi dalam masa depan operasional yang lebih efisien dan ramah lingkungan, tetapi juga mengambil peran penting dalam mendorong transformasi industri menuju keberlanjutan yang lebih luas. (Hky)

MIXADVERT JASAPRO