Ekbis  

BNI Resmi Meluncurkan Superapps Baru, Wondr by BNI, Potensi Tambah Fitur Buy Now, Pay Later

BNI Resmi Meluncurkan Superapps Baru, Wondr by BNI, Potensi Tambah Fitur Buy Now, Pay Later. foto : dok bumn.info

JagatBisnis.com – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) telah meresmikan superapps terbarunya, Wondr by BNI, yang menggantikan aplikasi BNI Mobile Banking yang lama. Dalam acara peluncurannya, Direktur Technology and Operations BNI, Toto Prasetio, mengungkapkan rencana untuk mempertimbangkan penambahan beberapa fitur tambahan di dalam aplikasi Wondr, salah satunya adalah fitur Buy Now, Pay Later (BNPL).

BNPL menjadi salah satu produk yang mulai diminati dalam industri perbankan. Saat ini, hanya PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Mandiri Tbk yang menyediakan fitur tersebut.

Meskipun demikian, Toto menegaskan bahwa BNI tidak akan terburu-buru untuk meluncurkan fitur BNPL tersebut. Ia mempertimbangkan agar tidak ada tumpang tindih dengan produk kredit tanpa agunan yang sudah ada.

Baca Juga :   Tumbuh 20%, BNI Tingkatkan Kinerja BNIDirect Akhir Tahun

“Jangan sampai overlapping. Kita tunggu waktu yang tepat dan melihat kondisi pasar,” ujar Toto.

Sebagai alternatif, BNI memilih untuk bekerja sama dengan pihak ketiga dalam menyediakan layanan BNPL ini. Salah satu mitra yang disebutkan adalah Shopeepaylater, yang saat ini memiliki kemitraan dengan BNI.

BNI memiliki hubungan dekat dengan Sea Group, induk dari Shopeepaylater, karena keduanya memiliki kepemilikan saham di Hibank.

Baca Juga :   BNI Agen46 Sudah Mencapai Lebih Dari 173 Ribu Pada Semester I 2023

“Pendekatan kami adalah dengan channeling. Mereka dapat menyediakan fasilitas BNPL melalui Shopee Paylater, dan kami bekerja sama dalam mendisburse fasilitas ini kepada nasabah Shopee,” jelas Toto.

Dia menjelaskan bahwa pendekatan ini dipilih karena lebih efisien, terutama mengingat transaksi BNPL umumnya memiliki nilai yang relatif kecil.

“Jumlah transaksi Paylater umumnya kecil, sehingga prosesnya akan sangat melelahkan jika kami melakukannya sendiri-sendiri. Saat ini, pendekatan kolaboratif dinilai lebih efisien bagi kami,” tambahnya.

Melalui langkah ini, BNI menunjukkan komitmennya dalam memperluas layanan digital dengan memanfaatkan kemitraan strategis, sehingga dapat tetap kompetitif di pasar perbankan digital yang semakin berkembang di Indonesia. Dengan Wondr yang ditujukan untuk mengintegrasikan berbagai layanan keuangan di bawah satu platform, BNI bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mendorong transformasi digital dalam layanan perbankannya.

Baca Juga :   BNI Kembali Berikan Bantuan untuk Korban Bencana Alam Sumbar

Sebagai Wondr terus berkembang, pihak terkait akan memantau bagaimana BNI mengintegrasikan BNPL dan fitur inovatif lainnya untuk efektif memenuhi kebutuhan pelanggan, sambil tetap menjaga keunggulan kompetitif di sektor perbankan digital Indonesia. (Hky)

MIXADVERT JASAPRO