Ekbis  

Kesepakatan Strategis Huawei dan Tencent: WeChat Tanpa Biaya, Mengamankan Masa Depan Harmony OS

Kesepakatan Strategis Huawei dan Tencent: WeChat Tanpa Biaya, Mengamankan Masa Depan Harmony OS. Foto : blog.wechat.com

JagatBisnis.com – Huawei Technologies Co. sedang dalam proses mendekati kesepakatan dengan Tencent Holdings Ltd. yang akan memungkinkan aplikasi WeChat beroperasi sepenuhnya di platform seluler Harmony miliknya tanpa berbagi pendapatan. Ini merupakan langkah strategis Huawei untuk mempertahankan posisi dominannya di pasar China, terutama dalam menghadapi persaingan dengan Apple Inc.

Negosiasi antara Huawei dan Tencent, dua raksasa teknologi asal Shenzhen, telah berlangsung selama berbulan-bulan. Kesepakatan ini akan memungkinkan WeChat tetap tersedia tanpa biaya transaksi di platform Harmony, menjadikannya pengecualian dalam rencana Huawei untuk mulai memungut biaya atas konten dan layanan di toko aplikasinya.

Selain itu, Huawei sedang mempertimbangkan untuk mengambil potongan sekitar 20% dari pembelian dalam aplikasi di platform Harmony-nya, yang telah menjadi pembahasan intensif dengan pengembang game. Sebagai bagian dari kesepakatan ini, Tencent akan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pembaruan rutin aplikasi WeChat, yang menjadi tulang punggung berbagai kegiatan harian ratusan juta pengguna di Tiongkok, termasuk pembayaran dan permainan.

Baca Juga :   Pilih Smartwatch Huawei yang Tepat untuk Kebutuhan Harian Anda

Kesepakatan ini diharapkan memberikan keuntungan bagi Tencent dengan meningkatkan penjualan melalui program mini WeChat, platform untuk versi ringan dari aplikasi populer seperti Didi. Pada kuartal September tahun lalu, Tencent berhasil menghasilkan 1,5 triliun yuan ($207 miliar) dari program mini-nya, menunjukkan potensi besar dalam memonitisasi ekosistem aplikasinya.

Baca Juga :   Percepatan Digital Smart-Office, Huawei Luncurkan IdeaHub Series

Meskipun pengguna saat ini dapat mengunduh dan menggunakan WeChat di ponsel Huawei, belum ada kesepakatan formal yang mengikat Tencent untuk menyediakan pembaruan aplikasi secara rutin. Namun, kesepakatan yang sedang dalam pembicaraan akan memastikan kelancaran WeChat pada platform Harmony tanpa perubahan yang signifikan bagi pengguna.

Perubahan ini terjadi di tengah langkah Huawei untuk beralih ke Harmony OS internal mereka sendiri setelah sanksi AS yang mempengaruhi akses mereka terhadap sistem operasi Android dari Google. Kesepakatan dengan Tencent menjadi krusial karena akan memastikan WeChat tetap beroperasi dengan baik selama transisi ini.

Baca Juga :   Huawei MateBook D15, Layar Besar Fitur Melimpah

Huawei juga telah mencoba menghubungi Douyin dari ByteDance Ltd. untuk membahas model pembagian pendapatan serupa, meskipun belum ada indikasi pembicaraan yang direspon positif oleh perusahaan media sosial berbasis di Beijing tersebut.

Dengan pembicaraan masih berlangsung, baik Huawei, Tencent, maupun ByteDance belum mengomentari secara langsung tentang kemajuan terbaru ini. Kesepakatan potensial ini mencerminkan dinamika kompleks dalam industri teknologi global, di mana perusahaan-perusahaan besar saling berhadapan dalam menegosiasikan persyaratan kerja sama yang saling menguntungkan bagi ekosistem mereka. (Zan)

MIXADVERT JASAPRO