Berita  

Turki Panggil Duta Besar Denmark untuk Protes Pembakaran Alqur’an

Polisi berpatroli di depan kedutaan Turki Foto: Okezone

JagatBisnis.comTurki memanggil duta besar Denmark di Ankara buat mengantarkan kecaman keras serta keluhan atas pembakaran Al- Quran serta bendera Turki, tutur Departemen Luar Negara pada Jumat, 31 Maret 2023.

Minggu kemudian, golongan kapak kanan di Denmark bernama Patrioterne Gar Live membakar Al- Quran dan bendera Turki di depan Kedutaan Turki di Kopenhagen. Ini ialah peristiwa kedua dalam tahun ini.

Dalam pertemuan itu, penguasa Turki menekan pihak berhak Denmark mengutip langkah- langkah yang dibutuhkan kepada para pelakon serta aksi buat menghindari terulangnya acuman sejenis itu.

Baca Juga :   Omicron Melonjak, Turki Luncurkan Vaksin COVID-19 Lokal

” Aksi ini merupakan fakta jelas kalau Islamofobia, xenofobia, pembedaan, serta rasisme baru- baru ini bertambah di Eropa,” tutur statment departemen.

Baca Juga :   Februari, Presiden Erdogan akan Berkunjung ke Arab Saudi

Tidak terdapat asumsi lekas dari Departemen Luar Negara Denmark buat permohonan pendapat atas statment Turki.

Suatu keluhan di Stockholm pada bulan Januari oleh politisi Denmark atau Swedia anti- imigran kapak kanan melawan Islam serta Kepala negara Turki Tayyip Erdogan pula sudah tingkatkan ketegangan antara Swedia serta Turki. Akhirnya, Turki tidak membagikan sokongan pada Stockholm buat dapat berasosiasi dengan federasi tentara NATO. (tia)

MIXADVERT JASAPRO