Sudah Batal Jadi Tuan Rumah Disanksi Pula

JagatBisnis.comSetelah lolosnya Tim U-20 Israel dan akan bertanding di Indonesia karena sebagai tuan rumah yang berakhir dengan penolakan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan termasuk Gubernur Jawa Tengah dan Bali yang dengan tegas menolak kedatangan tim nasional U-20 dari Israel maka
Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sudah mengeluarkan keputusan terkait Piala Dunia U20. Hasilnya, setelah melakukan perbincangan dengan pihak pemerintah, FIFA membatalkan status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U20.

Pernyataan ini dikeluarkan satu hari setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. FIFA mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Indonesia dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Dalam keterangan resminya, FIFA menyatakan ada beberapa alasan pembatalan status Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20. FIFA juga memberitahukan lokasi Piala Dunia U20 akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Baca Juga :   Harapan PSSI Kepada FIFA

“FIFA has decide Due to current circumstances, to remove Indonesia as the host of the FIFA u20 World Cup 2023. A new host will be announced as soon as possible, with the date of the tournament remaining unchanged (FIFA memutuskan karena situasi terkini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 FIFA. Tuan rumah baru akan segera diumumkan secepatnya, dengan tanggal turnamen tidak akan berubah),” kata keterangan resmi FIFA pada Rabu, 20 Maret 2023.

Baca Juga :   FIFA akan Lakukan Reformasi dan Transformasi Sepak Bola Indonesia

Lebih lanjut, FIFA juga menjelaskan adanya kemungkinan sanksi bagi Indonesia. Hal tersebut terjadi karena Indonesia gagal jadi tuan rumah ajang bergengsi ini.

“Potential sanctions against the PSSI may also be decided at a later stage (Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya),” ujar FIFA.

FIFA juga menyatakan, dalam waktu dekat ini akan mengadakan pertemuan kembali dengan Erick Thohir. Salah satunya untuk membahas reformasi Liga di Indonesia setelah adanya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang pada Oktober 2022 lalu.

Baca Juga :   FIFA Rombak Total Format Turnamen pada Piala Dunia 2026

Erick Thohir juga mengeluarkan pernyataan resmi terkait pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 ini. Ia menyesal tak bisa berbuat banyak dan melakukan negosiasi dengan FIFA.
Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu,” ujar Ketum PSSI Erick Thohir

Dengan pernyataan ini, maka resmi Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Seharusnya, ajang ini digelar pada 20 Mei – 11 Juni 2023 mendatang.

MIXADVERT JASAPRO