Berita  

Presiden Tsai Ing-wen Tak Takut Dengan Anacaman China Saat Bertamu Ke AS

Tsai Ing-wen Foto: Tribun

JagatBisnis.comTitik berat eksternal tidak hendak mengakhiri Taiwan berkaitan dengan bumi, tutur Kepala negara Tsai Ing- wen, Rabu, 29 Maret 2023, kala ia pergi ke Amerika Sindikat, seakan menantang sehabis Cina mengecam bayaran bila ia berjumpa dengan Pimpinan DPR AS Kevin McCarthy.

Cina, yang mengklaim Taiwan yang diperintah dengan cara demokratis selaku wilayahnya, sudah berkali- kali mengingatkan administratur AS buat tidak berjumpa Tsai, memandangnya selaku sokongan buat kemauan pulau itu selaku suatu negeri terpisah.

Cina mengadakan bimbingan perang di dekat Taiwan Agustus kemudian kala AS Pimpinan DPR AS dikala itu, Nancy Pelosi mendatangi Taipei, serta angkatan bersenjata Taiwan berkata mereka memantau tiap aksi Cina kala Tsai terletak di luar negara.

Baca Juga :   Sikap China yang Mulai Terbuka Soal Data Covid-19, Disambut Baik

Tsai hendak berangkat ke Guatemala serta Belize, transit lewat New York terlebih dahulu serta setelah itu Los Angeles dalam ekspedisi kembali. Walaupun belum ditentukan dengan cara sah, beliau diperkirakan berjumpa McCarthy kala di California.

“ Titik berat eksternal tidak hendak membatasi niat kita buat mendunia,” tuturnya di lapangan terbang global penting Taiwan di Taoyuan, dalam referensi tersamar ke Cina.

“ Kita hendak hening serta yakin diri, tidak hendak berserah atau mengompori. Taiwan hendak berjalan di atas jalur independensi serta kerakyatan dengan jelas serta merambah bumi. Walaupun jalur ini susah, Taiwan tidak sendiri.”

Baca Juga :   Usai Jalankan Uji Massal COVID-19, Sampah Limbah Medis di China Menggunung

Berdialog di Beijing tidak lama saat sebelum Tsai berangkat, Zhu Fenglian, ahli ucapan Kantor Hal Taiwan Cina, berkata Tsai” mampir” di Amerika Sindikat bukan cuma menunggu di lapangan terbang ataupun penginapan, namun pula buat berjumpa dengan administratur serta badan parlemen AS.

” Bila ia melaksanakan kontak dengan Pimpinan DPR AS McCarthy, itu hendak jadi acuman lain yang dengan cara sungguh- sungguh melanggar prinsip satu- China, mengganggu independensi serta integritas kedaerahan Cina, dan memusnahkan perdamaian serta kemantapan di Antara Taiwan,” tuturnya.

Baca Juga :   Jelang Imlek, Presiden China Khawatir Kasus COVID-19 Melonjak

“ Kita menentang keras perihal ini serta pasti hendak mengutip aksi buat membalasnya,” tutur Zhu tanpa berikan rincian.

Pelabuhan Tsai hendak terjalin pada dikala ikatan AS dengan Cina terletak pada apa yang diamati sebagian analis selaku tingkatan terburuk semenjak Washington menormalisasi ikatan dengan Beijing pada 1979 serta alihkan pengakuan diplomatik dari Taipei.

Taiwan merupakan permasalahan kedaerahan Cina yang sangat sensitif serta rebutan penting dengan Washington, yang, semacam mayoritas negeri, cuma menjaga ikatan tidak sah dengan Taipei. Tetapi, penguasa Amerika Sindikat diwajibkan oleh hukum AS buat membagikan pulau itu alat buat menjaga diri.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO