Ekbis  

Mau tahu Siapa Pemilik Grand Indonesia?

JagatBisnis.com –  Pusat Perbelanjaan atau mall yang terletak di Bundaran Hotel Kempinski Jakarta itu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita apalagi bagi yang berkantong tebal mungkin untuk belanja kebutuhan sehari-harinya di sana sedangkan orang yang masih harus berjuang demi mendapatkan hidup layak cukup melintas saja.

Grand Indonesia atau biasa disingkat (GI) adalah mal bergengsi kelas internasional, dengan total luas lahan sebesar 262.226 m2. Terletak di tengah kota, Jakarta Pusat, Bundaran HI, sering kali mendapat julukan mal kelas atas bagi masyarakat ibu kota.
Siapa yang punya Mal Grand Indonesia?
Dilansir dari website resmi perusahaan, Selasa (28/3/2023), Grand Indonesia mulai dibuka untuk umum pada 2007. West Mal menjadi mal pertama yang dibuka tepat pada bulan April 2007, disusul dengan East Mal yang dibuka untuk umum pada Agustus 2007.

Mal Grand Indonesia juga sering dijuluki sebagai mal premium yang menawarkan pengalaman belanja Internasional dan berbagai pilihan fashion, restoran, dan hiburan. Mal Grand Indonesia terletak di kawasan yang sama dengan Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta dan Kempinski Private Residences.

Mengapa bisa demikian? karena pemilik BCA Indonesia dan Hotel Indonesia Kempinski juga merupakan pemilik Grand Indonesia, yaitu Hartono bersaudara alias Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Grand Indonesia dibangun dan dikelola oleh PT Grand Indonesia di bawah naungan Djarum Group, perusahaan milik Hartono.

Dalam catatan, Djarum merupakan perusahaan konglomerasi yang dibangun oleh duo Hartono pada 1951, hingga saat ini Djarum menjadi salah satu bisnis kelas kakap di Indonesia bahkan internasional.

Dilansir dari Forbes, Selasa (28/3/2023), dua bersaudara ini menempati 60 besar orang terkaya di dunia. Budi Hartono menempati posisi 55 dengan total harta kekayaan sebesar US$ 25,2 miliar atau setara dengan Rp 378 triliun (dalam kurs Rp 15.000), saudaranya Michael Hartono menempati urutan 60 dengan total harta kekayaan sebesar US$ 24,1 miliar atau setara dengan Rp 361,5 triliun.

Sudah menjadi langganan untuk masuk dalam jajaran orang terkaya, Hartono bersaudara pemilik mal Grand Indonesia ini sempat menjadi orang terkaya nomor 1 di Indonesia namun saat ini mereka turun menjadi urutan ke 2 dan 3 sebagai orang terkaya di Indonesia.(den)

MIXADVERT JASAPRO