Waspada! 3 Penyakit Mengintai Akibat Tidur setelah Sahur

JagatBisnis.comBeberapa penyakit mengintai akibat tidur setelah sahur. Deretan penyakit ini harus diwaspadai. Sayangnya, tidur setelah sahur selama bulan puasa sering dilakukan oleh banyak orang dengan alasan masih merasa ngantuk. Bahkan, telah menjadikannya sebagai kebiasaan di masyarakat.

Dokter Nadia Alaydrus pun menjelaskan bahaya tidur setelah sahur. Inilah 3 penyakit yang mengintai akibat tidur setelah sahur yang harus diwaspadai seperti dirangkum dari Instagram resmi Dokter Nadia Alaydrus, Selasa (28/3/2023).

1. Lemak dalam Tubuh Menimbun
“Ketika kamu langsung tidur setelah sahur, kalori yang tersimpan dalam tubuh akan menjadi lemak. Kalau ini terjadi terus menerus, maka lemak tubuh akan menumpuk dan memicu terjadinya obesitas,” kata Nadia.

2. Asam Lambung Naik atau GERD
“Ketika kita langsung tidur setelah sahur), proses pencernaan akan terhambat. Sehingga lambung akan secara otomatis meningkatkan produksi asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan,” jelas Nadia.

Posisi tidur itu akan melonggarkan klep lambung dan menyebabkan asam lambung. “Nah, asam lambung yang terbentuk di dalam perut itu kemudian mengalir ke kerongkongan dan menyebabkan luka, sehingga menimbulkan sensasi panas, terbakar pada dada, dan nyeri ulu hati,” sambungnya.

3. Sembelit
Kondisi ini terjadi karena timbunan makanan dalam perut tidak tercerna dengan baik, ketika tubuh dalam posisi tidur. “Ditambah lagi risiko sembelit ini akan lebih besar karena kurangnya asupan cairan pada tubuh saat berpuasa,” ujar Nadia.

Dia pun meminta kepada masyarakat agar tidak langsung tidur setelah sahur. “Jadi, jangan dibiasakan, ya, langsung tidur setelah sahur,” tegasnya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO