Berikut Tips Hindari Dehidrasi Saat Puasa Ramadan

JagatBisnis.comSaat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, kita tidak minum selama kurang lebih 12 jam. Hal ini membuat cairan tubuh berkurang dan mengalami dehidrasi. Apalagi, bila beraktivitas di luar ruangan.
Dehidrasi biasanya menimbulkan gejala seperti pusing, sakit kepala dan lemas. Hal itu tentu akan mengganggu untuk beraktivitas dengan maksimal.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (25/3/2023), berikut tips yang dapat membantu menghindari dehidrasi selama berpuasa di bulan Ramadan.

1. Tetap Minum Air Sesuai Kebutuhan
Sebenarnya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda.

Namun rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air perhari yang bisa dibagi menjadi delapan gelas air.

Ketika berbuka puasa atau sahur, lebih baik minum air hangat daripada air dingin karena lebih cepat diserap tubuh.

Baca Juga :   Rutin Berolahraga Bikin Jantung Sehat

Dianjurkan untuk mengonsumsi sup setiap hari selama bulan suci Ramadan karena sup merupakan sumber cairan yang baik.

Selain itu, buah-buahan serta sayuran seperti semangka, tomat, mentimun, anggur, dan lain-lain yang terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi, dapat membantu mengurangi rasa haus.

2. Hindari Penggunaan Garam Berlebihan
Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak rempah saat berbuka puasa karena hal ini bisa meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Selain itu, disarankan agar penggunaan garam dalam salad dan saat memasak dikurangi.

Garam berpengaruh terhadap pengaturan cairan dalam tubuh.

Baca Juga :   Kenali Gejala COVID Varian Delta, Ini Ciri-Cirinya

Mengonsumsi makanan asin bisa mengacaukan pengaturan tersebut dan akhirnya membuatmu cepat haus.

3. Batasi Makanan Manis
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan permen meningkatkan rasa haus karena mengandung banyak gula. Sebaliknya, makanlah buah-buahan yang memberi tubuh Anda cairan dan memuaskan dahaga.

4. Hindari Kafein dan Nikotin
Kafein adalah diuretik alami karena meningkatkan kehilangan cairan dan rasa haus. Anda dianjurkan agar menghindari minuman berkafein selama Ramadan.

Ini termasuk minuman berenergi dan berkarbonasi, teh, serta kopi. Hindari juga merokok karena dapat memicu mulut kering dan haus terus-menerus.

Baca Juga :   Tunggu Program Vaksinasi COVID-19, Kemenkes Sarankan Imunisasi Lengkap Anak

5. Hindari Aktifitas Olahraga Berat
 Kamu tetap dianjurkan untuk berolahraga secara rutin selama berpuasa, agar tubuh tetap sehat dan kuat. Meski begitu, hindarilah melakukan olahraga berat untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

Sebaliknya, pilihlah olahraga yang ringan, seperti jalan kaki, jogging, yoga, atau zumba. Waktu terbaik untuk berolahraga selama puasa adalah setelah berbuka puasa karena tubuh telah diberi makanan dan minuman untuk memasok energi. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO