Hadapi Kekuatan Fisik Burundi, Timnas Indonesia Pantang Menyerah

Timnas Indonesia Foto: Okezone

JagatBisnis.com  Timnas Indonesia akan menjamu timnas Burundi dalam laga FIFA Match Day pada Sabtu (25/3/2023) pukul 20.30 WIB di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Laga ini menjadi momentum penting bagi pelatih Shin Tae-yong untuk menguji perkembangan kekuatan fisik para pemain Indonesia di bawah asuhannya.

Pemain timnas Burundi dikenal memiliki keunggulan fisik yang kokoh dan kekar, seperti kebanyakan negara-negara Afrika. Sebelumnya, pelatih Shin telah menyatakan keprihatinannya mengenai kondisi fisik para pemain timnas Indonesia yang dianggap kurang memadai, terutama dalam hal massa otot.

Dalam rangka menghadapi tantangan fisik dari timnas Burundi, Shin telah memberikan perhatian khusus pada latihan kebugaran pemain timnas Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh gelandang timnas Marc Klok dan bek tengah Elkan Baggot, yang khusus menyoroti kekuatan fisik dan postur tubuh para pemain Burundi.

Baca Juga :   Ayah Emil Audero Tolak Gabung Timnas Indonesia

Menyusun strategi untuk menghadapi timnas Burundi, pelatih Shin mengatakan hanya akan menurunkan pemain yang bugar 100% sejak awal pertandingan. Bek tengah Elkan Baggot, yang kondisinya baru mencapai 70-80%, diperkirakan tidak akan dimasukkan dalam susunan pemain awal.

Menghadapi Burundi, Shin Tae-yong akan mempersiapkan pertandingan dengan baik untuk memberikan penampilan terbaik dan tidak mengecewakan para pendukung serta masyarakat Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa timnas Indonesia telah mempelajari gaya permainan Burundi, yang dikenal memiliki kecenderungan menumpuk pemain di tengah dan lebih memilih menunggu lawan masuk ke area pertahanan sebelum mengirimkan bola panjang ke depan.

“Jadi dengan adanya uji coba seperti ini, saya mulai menonton pertandingannya (Burundi). Seperti tim Afrika lainnya, mereka punya keunikan sendiri. Jadi kami akan mempersiapkan pertandingan besok dengan baik supaya tidak mengecewakan para fans dan masyarakat Indonesia di rumah kita,” kata Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan, di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga :   Elkan Baggott Sudah Bisa Main pada Laga Indonesia Vs Malaysia

Dalam uji coba kali ini, Burundi dibekali oleh penyerang Saido Berahino yang berpengalaman bermain di Liga Inggris. Berahino saat ini membela klub Siprus, AEL Limassol, setelah sebelumnya memperkuat West Bromwich Albion, Stoke City, dan Sheffield Wednesday. Asnawi Mangkualam, bek kanan timnas Indonesia, menyatakan bahwa tim analis video timnas telah memberikan arahan untuk menghadapi permainan Burundi.

“Sangat penting bagi kami untuk menjaga (kebugaran) tubuh. Kami akan bermain sesuai skema yang diberikan tim analis. Mereka sudah mempelajari permainan Burundi. Kami akan memberikan pertandingan yang menarik nanti,” kata Asnawi.

Baca Juga :   Ini Alasan Egy Baru Bisa Main Leg 2 Lawan Singapura

Ini merupakan pertemuan pertama antara timnas Indonesia dan Burundi. Berahino sendiri mengaku antusias menyongsong laga melawan Indonesia dan tidak mengkhawatirkan soal adaptasi suhu dan cuaca. Ia juga mewaspadai bek timnas Indonesia, Jordi Amat, yang pernah bermain di Swansea City.

Saat ini, Burundi berada di peringkat 141 FIFA, sedangkan Indonesia di peringkat 151. Asnawi menargetkan kemenangan atas Burundi, mengingat timnas Indonesia sebelumnya mampu mengalahkan timnas Curacao, yang berada di peringkat 86 FIFA. Laga uji coba melawan Burundi akan berlangsung sebanyak dua kali, yaitu pada 25 Maret dan 28 Maret. (tia)

MIXADVERT JASAPRO