KLHK Tegaskan Komitmen Perbaiki Kualitas Air di Indonesia

JagatBisnis.comKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkomitmen memperbaiki kualitas air. Komitmen itu dilakukan dengan mengendalikan beban pencemaran limbah yang masuk ke sungai-sungai di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Sigit Reliantoro mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama melakukan perbaikan kualitas air melalui berbagai aksi nyata dan program. Adapun kegiatan yang dilaksanakan, yaitu pembangunan sarana dan prasarana. .

“Kami juga mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk memperbaiki kualitas air melalui Indeks Respon Kinerja Daerah (IRKD) sebagai penilaian kinerja Pemda dalam perbaikan kualitas air. IRKD merupakan indikator yang menggambarkan respon Pemda terhadap capaian target Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Indonesia,” kata Sigit dalam keterangan di Jakarta, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga :   KLHK: Paracetamol Bukan Unsur Pencemaran Laut

Dia menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai praktik, baik dalam meningkatkan kualitas air di Indonesia. Mulai dari pemasangan alat pemantauan kualitas air secara real time dan dalam jaringan (ONLIMO) di sungai-sungai Indonesia sebagai sistem peringatan dini atau early warning system.

Baca Juga :   KLHK Laporkan Ribuan Akun Penjual Satwa Dilindungi di E-commerce

“Selain itu, pengolahan air limbah melalui instalasi pengolahan air limbah (IPAL) domestik, IPAL usaha skala kecil, biodigester, pemanfaatan sepadan sungai dengan pembangunan ekoriparian,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO