Selama Ramadan Diprediksi Terjadi Pergeseran Jam Kemacetan di Jakarta

Kemacetan di Jakarta

JagatBisnis.com –   Ditlantas Polda Metro Jaya memprediksi kemacetan di Jakarta mengalami pergeseran waktu selama Ramadan. Pergeseran ini dikarenakan adanya penyesuai jam kerja dan sekolah pada bulan puasa.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, biasanya kemacetan terjadi pada saat jam berangkat kerja sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, selama Ramadan ini diprediksi mengalami pergeseran di waktu yang lebih awal.

“Kita memprediksi kemacetan pada pagi dan sore hari terjadi lebih awal pada pekan pertama puasa. Selanjutnya jam kemacetan akan kembali normal seperti sebelumnya,” kata Latif, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga :   Urai Kemacetan di Jalur Selatan Jabar, Polisi Kerahkan Tim Paralayang

Latif menjelaskan, pada pagi hari di bulan Ramadan ada kecenderungan pekerja berangkat selepas subuh. Untuk sore hari biasanya kemacetan terjadi pada pukul 18.00 WIB. Selama Ramadan, kemacetan diprediksi terjadi lebih awal yakni, pukul 16.00 WIB.

Baca Juga :   Kemacetan Jakarta Semrawut, Polantas Menyerah

“Karena banyak masyarakat mengejar untuk berbuka puasa di rumah. Tapi di awal-awal saja kemungkinan, nantinya kembali lagi,” ujar Latif.

Baca Juga :   Urai Kemacetan di Jalur Selatan Jabar, Polisi Kerahkan Tim Paralayang

Latif menambahkan, pihaknya telah mengantisipasi hal ini. Karena polisi akan melakukan pengaturan lalu lintas di titik-titik rawan pada jam macet jelang buka puasa.

“Hal itu sudah kita antisipasi juga. Makanya, kita akan tempatkan personel di titik-titik rawan termasuk di pusat kuliner,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO