Wajib Tahu! Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan

JagatBisnis.comPuasa Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Saat berpuasa umat muslim tidak boleh makan, minum dan melakukan hal yang membatalkan puasa. Tanpa disadari, berpuasa ternyata bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Seperti dilansir dari berbagai, Selasa (21/3/23), inilah manfaat puasa bagi kesehatan.

1. Mendetoksifikasi Tubuh
Selain bagus untuk membersihkan diri secara spiritual, Ramadan bertindak sebagai detoksifikasi yang fantastis untuk tubuh. Puasa bisa mendetoksifikasi sistem pencernaan sepanjang bulan.

Baca Juga :   Studi: Kerusakan Organ Paru Terjadi Bagi Penyintas Covid-19

2. Menurunkan Berat Badan
Puasa Ramadan dapat membantu menurunkan berat badan karena dalam keadaan berpuasa, tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi.

Baca Juga :   Waspada, Gejala DBD Mirip-mirip COVID-19

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Puasa Ramadan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Puasa Ramadan dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan dengan memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan dan mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan.

5. Baik untuk Kesehatan Ginjal
Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari tidak hanya mengandung nutrisi, tetapi juga membawa racun untuk tubuh. Dalam hal ini, ginjal akan berperan untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi jika bekerja terlalu keras, ginjal juga akan kelelahan sehingga bisa mendatangkan masalah untuk kesehatan tubuh. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO