Sebenarnya Palung Mariana Itu Sedalam Apa?

JagatBisnis.com –  Palung Mariana yang telah di teliti oleh banyak peneliti mengenai kedalamannya hingga saat ini masih menjadi perbincangan diantara mereka karena jumlah kedalaman dari Palung itu yang masih menjadi bahan perdebatan dan penelitian lanjutan

Palung Mariana yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Yang jadi pertanyaan, seberapa dalam Palung Mariana? Mari kita bahas lebih lanjut.

Palung Mariana membentang sepanjang 2.550 km dan terletak di sebelah timur Kepulauan Mariana. National and Atmospheric Administration (NOAA) menyebut, tempat terdalam di Mariana adalah sebuah lembah yang disebut Challenger Deep, terletak di ujung selatan Palung Mariana.

Bagaimanapun, untuk mengukur kedalaman Challenger Deep bukanlah perkara mudah. Sulit bagi manusia untuk bisa menjangkau dasar lembah palung tersebut. Saat ini, peneliti memiliki dua metode untuk mengukur kedalaman laut. Pertama pakai sonar yang dipasang di kapal di permukaan laut, atau menggunakan sensor tekanan yang ditempatkan di dasar laut.

“Sonar beams dari multibeam echo sounder dapat menghasilkan cakupan lengkap dari dasar laut,” kata Greenway Cmdr. Sam Greenaway dari Korps NOAA. “Sebagus apapun itu, sistem kapal benar-benar jauh dari dasar laut yang membatasi akurasi pengukuran horizontal dan vertikal.”

Sebagai contoh pada kasus Challenger Deep, untuk mengukur seberapa dalam lembah laut terdalam di Palung Mariana, diperlukan suara sekitar 14 detik untuk turun ke dasar laut dan kembali. Salinitas, suhu, dan tekanan air dapat memengaruhi kecepatan dan jalur yang dilalui suara.

Sementara dengan sensor tekanan, pengukuran tekanan yang akurat di laut sangat dalam cukup menantang. Sebab, di dasar Challenger Deep, tekanannya 1.000 kali lebih besar daripada tekanan atmosfer di permukaan laut.

Untuk melakukan pengukuran Challenger Deep ini, para peneliti menjatuhkan sensor tekanan ke dasar laut sebagai patokan pembaca suara gema. Hasil pengukuran menunjukkan, Challenger Deep ini berada di kedalaman 10.935 meter–2.100 meter lebih tinggi daripada Gunung Everest– di bawah permukaan laut.

Perkiraan NOAA ini berasal dari studi tahun 2021 yang ditulis Greenway dan terbit di jurnal Deep Sea Research Part I: Oceanographic Research Papers. Studi diambil berdasarkan data pelayaran tahun 2020.

Sedangkan menurut catatan Guinness World Records, misi berawak pertama di Palung Mariana terjadi pada 1960. Dari misi tersebut didapat sebuah perkiraan bahwa Challenger Deep punya kedalaman 10.911 meter. Sejak saat itu, perkiraan lain terus bermunculan, ada yang 10.994 meter hingga 10.984 meter.

Greenway bilang, perbedaan hasill pengukuran baik menggunakan metode pertama atau kedua tidak terlalu penting. Yang jelas, lembah Palung Mariana Challenger Deep yang dijuluki titik terdalam Bumi punya kedalaman lebih dari 10.000 meter di bawah permukaan laut. (den)

MIXADVERT JASAPRO