Jelang Lebaran, Landas Pacu Bandara Halim Dilakukan Pemeliharaan

JagatBisnis.comKementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pemeliharaan landas pacu (runway) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pemeliharaan runway akan dilaksanakan pada 22-28 Maret 2023 mulai pukul 18.00-05.00 WIB.

“Waktu pelaksanaan pemeliharaan runway tersebut dikecualikan untuk penerbangan VVIP dan apabila terdapat penerbangan lain yang bersifat mendesak serta untuk dukungan kepada kepentingan negara,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangannya, Senin (20/3/2023).

Dia menjelaskan, pemeliharaan runway bandara Halim Perdanakusuma dilakukan untuk memenuhi aspek keselamatan penerbangan. Hal itu dilakukan untuk mendukung kelancaran angkutan udara lebaran 1444 Hijriah. Adapun waktu pemeliharaan selama enam hari tersebut akan dievaluasi sesuai kebutuhan.

Baca Juga :   Kemenhub Siapkan Dana Rp10 Miliar untuk Program Mudik Motor Free 2023

“Sebelum kegiatan dilaksanakan akan dilakukan koordinasi dengan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma. Pemeliharaan runway ini tentunya berdampak pada beberapa penerbangan sehingga diperlukan pengaturan rotasi pesawat dan penanganan pelayanan penumpang yang optimal dan efisien,” paparnya.

Baca Juga :   Kemenhub Siapkan 6 Koridor BTS Teman Bus di Surabaya

Dia menambahkan, pihaknya
akan dilakukan mitigasi berupa mekanisme pengajuan extra flight untuk mengakomodir penambahan permintaan yang disebabkan oleh pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga :   Begini Respon Kemenhub, terkait Penghapusan Antigen dan PCR untuk Perjalanan Domestik

“Kami juga akan terus melakukan pengawasan dan kolaborasi dengan stakeholders penerbangan selama masa pemeliharaan runway Bandara Halim Perdanakusuma. Hal itu untuk memastikan ketersediaan konektivitas rute yang terdampak agar tetap terlayani melalui Bandara Soekarno Hatta,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO