Studi: Kekurangan Vitamin dan Mineral Tertentu Bisa Tingkatkan Diabetes

JagatBisnis.com –  Studi menemukan Kekurangan empat macam vitamin dan mineral tertentu bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 atau kenceng manis. Apa saja vitamin dan mineral tersebut?

Dilansir dari laman Express, Sabtu (18/3/2023), berikut vitamin atau mineral yang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

1. Vitamin D
Studi dalam Journal of Endocrine, Metabolic and Immune Disorders mengungkapkan, salah satu dari defisiensi yang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 adalah defisiensi vitamin D.

Baca Juga :   Aturan Konsumsi Kurma yang Tepat dan Aman untuk Penderita Diabetes

Tak hanya menjadi faktor risiko diabetes tipe 2, kekurangan vitamin D juga turut memengaruhi peningkatan risiko komplikasi diabetes, khususnya komplikasi kardiovaskular.

Studi berbeda dalam European Journal of Endocrinology menemukan, suplementasi vitamin D selama enam bulan bisa memperbaiki sensitivitas dan produksi insulin.

Sedangkan, studi lain dalam Current Diabetes Reports menemukan, suplementasi vitamin D dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga :   Waspada! Salah Pilih Sampo Bikin Wanita Berisiko Alami Diabetes Tipe 2

2. Magnesium
National Centre for Complementary and Integrative Health mengungkapkan, magnesium juga bisa memainkan peran penting. Menurut WHO, defisiensi magnesium bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Magnesium adalah jenis mineral yang bisa ditemukan pada beragam jenis makanan. Sebagian di antaranya adalah sereal bran, biji-bijian tertentu, kacang-kacangan, dan bayam.

Defisiensi magnesium jarang terjadi pada orang yang sehat. Namun, kelompok lansia dan orang-orang yang sedikit makan bisa berisiko terhadap defisiensi magnesium.

Baca Juga :   19,47 Juta Orang Indonesia Berjuang Lawan Diabetes

3. Seng dan Kromium
Dua mineral lain yang dinilai dapat memengaruhi risiko diabetes tipe 2 adalah seng dan kromium. Beberapa studi menunjukkan, defisiensi seng dan kromium turut memainkan peran dalam kejadian diabetes. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk lebih memperjelas peran seng dan kromium pada diabetes. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO