Gunung Anak Krakatau Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

JagatBisnis.comGunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung, erupsi setinggi 500 meter pada Sabtu (18/3/2023). Erupsi terjadi pada pukul 14.46 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas erupsi berupa lontaran abu vulkanik setinggi lebih kurang 500 meter di Gunung Anak Krakatau.

Baca Juga :   GAK Kembali Erupsi, Ketinggian Asap Letusan 1.500 Meter

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah barat daya,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Ade Yasser.

Gunung Anak Krakatau sendiri sekarang berada pada status level III atau Siaga terhitung sejak 24 April 2022. PVMBG merekomendasikan masyarakat, pengujung, wisatawan, maupun pendaki untuk tidak mendekati gunung api tersebut atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Baca Juga :   Pelabuhan Bakauheni Tetap Normal Beroperasi Meski Anak Krakatau Erupsi

“Dari sejumlah letusan, umumnya titik letusan selalu berpindah-pindah di sekitar tubuh kerucutnya. Waktu istirahat berkisar antara satu sampai delapan tahun dan umumnya terjadi empat tahun sekali berupa letusan abu dan leleran lava,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO