Merapi Masih Siaga, Warga Diimbau Waspadai Potensi Bahaya Erupsi Merapi hingga 7 Km

JagatBisnis.comWarga diimbau tidak melakukan kegiatan di wilayah potensi bahaya erupsi Gunung Merapi, baik aliran lava maupun awan panas guguran (APG) dengan radius 3-7 kilometer (km) dari puncak. Hal itu karena status Gunung Merapi masih berada di level III atau siaga.

Baca Juga :   Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas Selasa Dini Hari

“Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Selatan hingga Barat Daya, meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan, Kamis (16/3/2023).

Dia mengungkapkan, pada sektor Tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan, lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Baca Juga :   Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas Selasa Dini Hari

“Untuk itu, masyarakat diminta agar tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya tersebut. Selain itu, warga juga agar mencegah gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Merapi serta mewaspadai bahaya aliran lahar dan lava,” tegas Hendra. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO