Tekno  

Kurangi Penggunaan Medsos 15 Menit Sehari Bisa Kurangi Depresi

JagatBisnis.com –  Tidak menggunakan media sosial (medsos) selama 15 menit sehari bisa meningkatkan kesehatan umum dan kekebalan tubuh. Temuan terbaru ini juga menunjukkan, hal itu bisa mengurangi tingkat kesepian dan depresi.

Temuan yang diterbitkan dalam Jurnal Teknologi dalam Ilmu Perilaku ini menunjukkan, orang yang mengurangi penggunaan medsos memiliki peningkatan rata-rata 15 persen dalam fungsi kekebalan tubuh, termasuk lebih sedikit pilek, flu, kutil, dan verrucae.

Dilansir dari Times Now News, Kamis (16/3/2023), studi tersebut juga menunjukkan peningkatan kualitas tidur sebesar 50 persen. Selain itu, gejala depresi 30 persen lebih sedikit.

Baca Juga :   Polisi Beri Peringatan Bagi Akun Medsos yang Langgar Hukum

“Data ini menunjukkan, ketika orang mengurangi penggunaan medsos, kehidupan mereka dapat meningkat dalam banyak hal. Termasuk manfaat untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan psikologis mereka,” kata Profesor Phil Reed, dari Sekolah Psikologi Universitas Swansea.

Baca Juga :   Warga Arab Saudi yang Sebar Gosip di Medsos Didenda sampai Rp11 Miliar

Menurut dia, media sosial dirancang untuk membuat ketagihan dan dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan bahkan penyakit fisik. Studi lain yang diterbitkan oleh Asosiasi Psikologi Amerika menunjukkan, remaja dan dewasa muda yang mengurangi penggunaan medsos mereka sebesar 50 persen beberapa minggu melihat peningkatan yang signifikan dalam perasaan tentang berat badan dan penampilan secara keseluruhan. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO