Percepat Pemulihan, David Ozora Dibantu Terapi Musik Heavy Metal

JagatBisnis.com  –  Kondisi David Ozora (17), korban penganiayaan Mario Dandy Satrio (20), dikabarkan sudah mulai membaik setelah beberapa hari tak sadarkan diri. Kini David mulai mendapat terapi dari musik heavy metal untuk membantu memulihkan kesadarannya.

David sudah menjalani tindakan bronkoskopi kedua setelah menjalani tahap pertama pada pekan lalu. Meskipun kesadaran David belum sepenuhnya pulih karena beberapa kali ada penurunan emosi kesadarannya lambat laun mulai meningkat. David pun mulai sering membuka mata.

“Saat ini David sedang memasuki fase pemulihan emosional. Kesadarannya lambat laun meningkat, lebih sering membuka mata tapi belum aware dengan siapa dia kontak,” ujar Jonathan Latumahina, ayah David dalam unggahan di akun Instagram dan Twitter-nya.

David juga mendapat terapi musik heavy metal. Kabar terapi musik itu disampaikan komponis Addie MS seusai menjenguk David di RS Mayapada. “Biasanya kalau kondisi seperti ini musik yang tenang, relaksasi. Tapi begitu saya dengar musiknya yang heavy metal itu, hah?” kata Addie dikutip dari NU Online, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga :   Polisi Kawal Ketat di Rekonstruksi Penganiayaan David Ozora

Ia kemudian mendapat penjelasan bahwa David memang terbiasa mendengarkan musik-musik beraliran metal, saat dalam kondisi normal. Musik tersebut biasa didengarkan sebagai pengantar tidur. “Tapi dibilang, David itu kondisi normal kalau tidur pakai headphone musik yang keras, kalau dicopot malah bangun. Jadi uniklah,” lanjutnya.

Selama ini, otak manusia merespons musik dengan cara yang menarik, memengaruhi perasaan, memunculkan emosi seperti kegembiraan, kesedihan, cinta, dan kemarahan. Musik juga dapat dikaitkan dengan ingatan tertentu, baik dan buruk.

Baca Juga :   Polisi Kawal Ketat di Rekonstruksi Penganiayaan David Ozora

Musik juga tergantung selera yang bisa sangat personal dan bervariasi. Terkadang, jenis musik yang Anda sukai dapat bergantung pada suasana hati. Suatu hari, mungkin memilih untuk mendengarkan musik klasik atau jazz karena sibuk berkonsentrasi. Dan di lain hari, Anda mungkin ingin mendengarkan musik berenergi tinggi, seperti heavy metal.

Ketika mendengar musik heavy metal, orang cenderung salah persepsi. Musik metal biasanya digambarkan dengan sifat keras dan energik, terkadang dengan vokal yang berteriak dengan lirik-lirik yang emosional.

Ada beberapa mitos umum yang salah tentang heavy metal dan kesehatan mental. Beberapa orang menyalahkan genre ini untuk gelombang kejahatan kekerasan, brutal, dan kemarahan. Bahkan sempat muncul kampanye melawan musik heavy metal pada 1990-an sebagai tanggapan atas peningkatan kekerasan senjata di Amerika Serikat.

Baca Juga :   Polisi Kawal Ketat di Rekonstruksi Penganiayaan David Ozora

Memang jika Anda bukan penggemar heavy metal, musiknya mungkin terdengar agresif, mengancam, atau membuat stres. Beberapa lirik mungkin membawa Anda ke tempat gelap dan menjelajahi bagian yang tidak menyenangkan dari sifat manusia, seperti kematian. Karena elemen artistik yang lebih gelap ini, musik metal dapat dengan mudah dicap sebagai ‘setan’ atau jahat.

Namun dari sudut pandang penggemar metal, mereka mungkin melihat musik tersebut sebagai kreatif yang melepaskan diri dari genre arus utama. Banyak yang mungkin menemukan kenyamanan dalam merenungkan kerasnya hidup sambil merasakan dampak positif bagi kesehatan mental mereka. (tia)

MIXADVERT JASAPRO