Bawaslu Siapkan Program Pendampingan untuk ASN Jelang Pemilu 2024

JagatBisnis.comBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat menyiapkan program pendampingan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya. Hal itu dilakukan agar terhindar dari kegiatan politik, terutama kampanye menjelang Pemilu 2024.

“ASN bisa didampingi pengawas dari Bawaslu tingkat kelurahan, kecamatan, maupun kota untuk menghadiri acara-acara tertentu,” kata Ketua Bawaslu Jakarta Barat, Oding Junaedi, Senin (13/3/2023).

Oding menjelaskan, para ASN kerap mendapat undangan untuk menghadiri kegiatan dari warga. Tidak jarang ASN tingkat kota juga mendapatkan undangan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menghadiri kegiatan, baik dalam rangka reses maupun forum untuk menyerap aspirasi.

Baca Juga :   Pramono Sebut Pemilu 21 Februari 2024 Pilihan Tepat

“Kegiatan seperti itu berpotensi ditunggangi oknum tertentu untuk menyisipkan pesan-pesan berbau kampanye politik. Kadang-kadang acara pertemuan ini disusupi bakal caleg. Saya harap para ASN ini lebih cermat dan berhati-hati,” ungkap Oding.

Baca Juga :   Menpan RB Setuju Usulan ASN WFH selama Sepekan

Menurut Oding, dengan pendampingan yang dilakukan petugas Bawaslu, pihaknya optimis ASN bisa lebih cermat dalam menghadiri suatu kegiatan sehingga tidak terjebak dalam aktivitas politik.

Baca Juga :   Partai Golkar Optimis Menang Pemilu 2024

“Apalagi sejauh ini, kami belum menerima laporan adanya ASN di wilayah Jakarta Barat ikut terlibat dalam kegiatan politik. Kami berharap upaya pengawasan tersebut dapat meningkatkan netralitas jajaran ASN di seluruh instansi menjelang pesta demokrasi 2024 mendatang,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO