MUI Minta Pemerintah Tolak Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023

JagatBisnis.com –  Kedatangan Timnas Israel U-20 beserta para suporternya untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang mendapat banyak penolakan. Beberapa di antaranya adalah BDS Indonesia, MER-C, Aqsa Working Group (AWG), Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI) dan lain-lain. Merespons hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pemerintah bersikap tegas dan tak membuka diri dengan Israel.

“Sikap tegas tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel ini harus dipertahankan dan dijaga dengan sepenuh hati selama Israel masih terus menjajah bangsa Palestina,” kata Ketua MUI Sudarnoto Abdul Hakim, dalam keterangannya, Kamis (9/3/2023).

Menurut dia, jangan sampai ada celah sedikit pun dengan alasan apa pun untuk mengkhianati amanat Pembukaan UUD 1945 dan merusak komitmen Presiden. Sehingga membuka ruang bagi Israel untuk masuk ke Indonesia melalui jalur apa pun, termasuk jalur Piala Dunia Sepak Bola U-20.

Baca Juga :   MUI Menolak Nama Jalan Kemal Ataturk

“Pemerintah harus terus menjaga amanah Pembukaan UUD 1945, komitmen Presiden dan kehormatan atau marwah bangsa dan negara Indonesia dengan sepenuh hati. Tampillah dengan berani dan tegas menolak kehadiran rombongan Israel masuk ke wilayah Indonesia untuk Piala Dunia Sepak Bola U-20,” tegasnya.

Baca Juga :   Konser Musik Dibolehkan, MUI: Mari Rapatkan Shaf Kembali

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pemerintah dan para pejabat tinggi, termasuk PSSI seharusnya mencontoh Presiden Soekarno yang tegas dan berani menolak kehadiran kontingan Israel di even Asian Games tahun 1962 karena Israel adalah penjajah. Meskipun harus keluar dari IOC, akan tetapi dengan penolakan ini Indonesia saat itu justru memperoleh posisi politik yang diperhitungkan secara internasional.

Baca Juga :   MUI Imbau Umat Islam Tidak Terpancing Provokasi Jozeph Paul Zhang

“Sebaliknya, menerima dan bahkan memberikan jaminan keamanan terhadap Tim Nasional Israel untuk Piala Dunia U-20 ini justru menunjukkan bahwa Indonesia, melalui diplomasi sepak bola ini, telah ditundukkan oleh kekuatan pro-Israel,” paparnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO