Ciptakan Alat Tracking Satelit Portable Bencana, MAN 1 Medan Raih Medali Internasional

JagatBisnis.comKelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAN 1 Medan berhasil meraih penghargaan silver pada ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2023. Kompetisi itu diikuti lebih dari 365 team dari 15 negara berlangsung di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu (25/2/2023).

Kepala MAN 1 Kota Medan Reza Faisal mengatakan, tim KIR sekolahnya sudah mulai mempersiapkan dan mendaftarkan diri pada ajang kompetisi ini sejak tiga bulan lalu. Ajang ini diawali dengan tahap pengumpulan abstrak dan pengumpulan full paper. Peserta terpilih selanjutnya mengikuti tahap presentasi di depan para juri.

“Dari situ, KIR MAN 1 Medan meraih medali. Mereka adalah Muhammad Hafizh Nasution (leader), Delvin Adli, Dio Aliqbal, Zasqia Maharani, Meily Sofianti serta Doni Anggara selaku pelatih mengikuti kompetisi ini dengan mengambil judul inovasi Tracking Satelit Portable. Inovasi ini digagas untuk membantu permasalahan kebencanaan,” katanya, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Senin (27/2/2023).

Reza menjelaskan, Indonesia yang terletak di atas Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire) merupakan rangkaian gunung berapi aktif yang membentang di Samudra Pasifik yang sewaktu-waktu bisa meletus, serta mengakibatkan gempa bumi dan tsunami.

“Untuk itu, KIR MAN 1 Medan selalu berusaha menggagas inovasi untuk mengatasi permasalahan di berbagai bidang kehidupan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Utara H. Erwin Pinayungan Dasopang mengapresiasi torehan internasional yang sekian kalinya diraih oleh siswa MAN 1 Kota Medan.

“Kami ucapkan selamat atas prestasi ini. Prestasi ini membuktikan sekolah ini melakukan pembinaan, baik secara kurikuler maupun ekstrakurikuler kepada siswa,” tutup Erwin. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO