Waspada! Salah Pilih Sampo Bikin Wanita Berisiko Alami Diabetes Tipe 2

JagatBisnis.com –   Studi terbaru menemukan bahan kimia dalam sampo bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism ini menemukan bahan kimia bernama phthalates dapat meningkatkan risiko diabetes hampir dua pertiga.

Dilansir dari Express, Senin (13/2/2023), phthalates merupakan bahan kimia yang bisa meningkatkan daya tahan plastik. Bahan kimia itu biasanya digunakan dalam produk perawatan pribadi, mainan anak-anak, kemasan makanan dan minuman.

Bahan kimia itu juga ditambahkan ke wewangian untuk membantu aroma bertahan lebih lama di kulit. Dikenal sebagai EDC (bahan kimia pengganggu endokrin), kandungan ini meniru estrogen dan telah dikaitkan dengan kanker payudara hingga ovarium, serta menopause dini.

Baca Juga :   Gangguan Bicara pada Anak Bisa Dikenali Sejak Usia 6 Bulan

“Penelitian kami menemukan phthalate dapat berkontribusi pada insiden diabetes yang lebih tinggi pada wanita, terutama wanita kulit putih. Orang-orang terpapar phthalate setiap hari, meningkatkan risiko beberapa penyakit metabolik. Maka, penting bagi kita untuk menangani EDC sekarang karena berbahaya bagi kesehatan manusia,” kata penulis studi utama doctor Sung Kyun Park dari University of Michigan, dikutip Senin (13/2/2023).

Baca Juga :   Perhatikan Gejala Sesak pada Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Dia menjelaskan, EDC juga dapat mengubah tubuh menyimpan lemak, yang menyebabkan obesitas. Selain itu, beberapa phthalate telah ditemukan menyebabkan kemandulan. Percobaan yang diterbitkan di JAMA Pediatrics menunjukkan wanita lebih mungkin melahirkan secara prematur jika memiliki kadar phthalate yang tinggi dalam aliran darahnya sebelum hamil.

“Phthalate yang digunakan selama pembuatan plastik, juga telah terdeteksi di banyak produk sehari-hari. Mulai dari air kemasan hingga papan lantai. Beberapa jenis phthalate telah dilarang karena kekhawatiran akan keamanannya,” terangnya.

Baca Juga :   8 Asupan Ini Kaya Cairan untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Perlu diketahui, diabetes tipe 2 adalah kondisi yang mengubah hidup sehingga menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu tinggi. Penyakit ini juga dapat meningkatkan risiko kondisi lain, seperti penyakit jantung dan stroke. Adapun gejala diabetes, di antaranya merasa sangat haus dan sangat lelah.

Gejala diabetes lainnya adalah kencing lebih sering dari biasanya, terutama di malam hari. Penurunan berat badan dan hilangnya massa otot, gatal di sekitar penis atau vagina, atau sariawan yang sering terjadi, luka yang sembuh perlahan dan penglihatan kabur. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO