Calon Ketum hingga Exco PSSI Diminta untuk Segera Kampanye

Ilustrasi Foto Liputan6.com

JagatBisnis.comKomite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah merilis daftar calon tetap ketua umum (ketum), wakil ketua umum (waketum) hingga executive committe (exco) untuk periode 2023-2027.

Ketua KP Amir Burhanuddin pun mengimbau kepada para calon untuk segera melakukan kampanye atau pemaparan visi-misi di depan calon voters atau pemilik suara sebelum tenggat waktu Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI digelar pada Kamis, (16/2/2023).

“Secara administratif, tahapan telah selesai hari ini. Tinggal menyisakan satu tahapan yaitu proses pemilihan di tanggal 16 (Februari 2023),” kata Amir di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2023).

Baca Juga :   PSSI Siap Gelar Kompetisi Liga

“Oleh karena itu, berdasarkan keputusan daftar calon tetap tadi, bagi seluruh calon baik caketum, cawaketum maupun calon exco, kami mengimbau segera membangun komunikasi menyampaikan visi-misi gagasan dan sebagainya, kepada para voters,” jelas Amir menambahkan.

Pemaparan visi-misi lanjut Amir tergolong penting. Tujuannya agar para pemilik suara memiliki gambaran atas figur yang mencalonkan diri. Para calon akan memperebutkan 87 suara. Terdiri dari Asprov PSSI, seluruh klub Liga 1, perwakilan klub Liga 2 dan Liga 3, dua asosiasi yakni wasit serta pelatih. Termasuk, satu federasi futsal Indonesia,

Baca Juga :   Lapor ke FIFA, KLB Akan Digelar pada 18 Maret 2023

“KP bersama KBP akan memantau perkembangan-perkembangan mulai hari ini hingga proses pemilihan yang akan datang,” lanjut dia.

Jika diselisik, voters yang tak sampai 100 orang itu bakal menentukan masa depan PSSI selama satu periode berikutnya. Bukan hanya ketum, voters juga bakal memilih waketum, dan exco.

Baca Juga :   PSSI Ingin Jadi Anggota Komite Eksekutif AFC

Proses pemilihan sendiri berlangsung dengan sistem pemungutan suara. Figur yang mendapat suara terbanyak otomatis dinyatakan sebagai terpilih sebagai ketum dan waketum. Begitu juga dengan exco.

“50 persen plus satu dari yang hadir. Kalau 87 hadir semua maka 50 persen plus satunya, sekitar 45 suara,” ujar Amir menambahkan.

Amir juga mengatakan, pemilihan ketum PSSI 2023-2027 pada Kongres Luar Biasa 16 Februari 2023 tidak akan sepaket dengan waketum. Selain itu, tidak akan ada debat antarcalon. (tia)

MIXADVERT JASAPRO