Tekno  

Waspadai, Pencurian Akun WA Terjadi Saat Pemiliknya Tidur

jagatbisnis.com – Pencurian akun WhatsApp (WA) kini semakin sering terjadi dan dilakukan dengan cara bervariasi. Salah satu yang terbaru adalah pencurian akun WA saat pemilik akun tertidur lelap.

HT Tech menjelaskan, saat ini WA memang telah memiliki perlindungan berlapis agar peretasan tidak terjadi. Hanya saja para pelaku kejahatan selalu menemukan cara baru yang terjadi karena adanya kelengahan. Salah satunya kelengahan saat pemilik akun WA tengah tertidur lelap.

“Cara peretasan itu dilakukan dengan sangat mudah. Peretas hanya mencoba masuk ke akun WA Anda dengan memasukkan nomor telepon Anda. Saat itu terjadi, Anda akan mendapatkan SMS yang menginformasikan cara untuk masuk,” kata HT Tech dikutip Minggu (5/2/2023).

Baca Juga :   Laser ini Mampu Operasi Kanker dengan Tingkat Keakuratan Baik

Memurutnya, di saat yang bersamaan, peretas akan mengetuk opsi “SMS Tidak Sampai” dan memilih untuk mendapatkan kode verifikasi melalui nomor telepon Anda. Karena Anda sedang tidur, Anda tidak mengangkat panggilan dan panggilan verifikasi masuk ke pesan suara.

“Di sinilah, peretas mengeksploitasi celah sederhana. Diketahui sebagian besar nomor kode pin pesan suara adalah 4 digit terakhir dari nomor ponsel Anda. Jadi peretas dapat dengan mudah mendapatkan akses ke panggilan pesan suara Anda dan mengakses kode verifikasi,” ungkap HT Tech.

Baca Juga :   Aplikasi Enterprise untuk Perusahaan dari Trinet, Kini Tersedia di E-katalog Nasional LKPP

Setelah itu, lanjutnya, perentas sudah memiliki akses ke akun Anda.Begitu perentas masuk, perentas hanya mengatur kode pin Verifikasi Dua Langkah atau 2 Factor Authentification (2FA) di atas akun WA Anda untuk mencegah Anda masuk.

“Dengan demikian, akun Anda dicuri. Bahkan, jika Anda mencoba memulihkan akun, perlu beberapa hari sebelum Anda mendapatkan akses kembali. Saat itu peretas sudah bisa mengambil alih akun WA Anda,” paparnya.

Baca Juga :   Apple Resmi Hentikan Produksi iPod setelah 20 Tahun

Bagaimana cara menghindari ini? Ada satu cara sederhana untuk menghindari infiltrasi semacam itu yakni mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah. Verifikasi itu sangat berguna dalam memastikan keamanan tingkat atas untuk akun WA Anda.

“Jadi, setiap upaya login palsu perlu diautentikasi oleh Anda secara langsung. Ini mencegah serangan semacam itu. Selain itu, Anda perlu mengubah kode pin pesan suara Anda menjadi kode pribadi untuk menghindari upaya peretasan tersebut,” terang HT Tech. (Riz)

MIXADVERT JASAPRO