Perkuat Pertahanan, Norwegia Pesan 54 Tank Leopard 2 dari Jerman

JagatBisnis.com –   Norwegia akan memesan 54 tank Leopard 2 buatan Jerman untuk tentaranya dari Grup Krauss-Maffei Wegmann. Norwegia juga akan mendapatkan opsi untuk membeli 18 tank lagi di waktu mendatang.

“Kami memastikan akan memiliki tank yang sama dengan tetangga Nordik kami dan banyak sekutu utama NATO,” kata Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Stoere dikitip dari Reuters, Sabtu (3/2/2023).

Menurut dia, pemesanan puluhan tank dari perusahaan Jerman ini juga diyakini akan mempererat hubungan Norwegia-Jerman. Batch pertama tank baru diharapkan akan dikirim pada tahun 2026.

Baca Juga :   Inggris Bocorkan Rencana Rusia Keluarkan Tank Terkuat T- 14 Armata

“Langkah itu adalah penguatan yang jelas dari kemampuan pertahanan dan kesiapan nasional Norwegia,” tegasnya.

Pemerintah mengatakan pengadaan itu dalam batas biaya 19,7 miliar krone Norwegia (USD1,96 miliar), termasuk biaya tambahan di luar pembelian tank yang sebenarnya. Keputusan ini mengakhiri spekulasi berbulan-bulan, karena pemerintah telah memilih Leopard 2A7 Jerman sebagai tank tempur utama dibanding produk dari Korea Selatan.

Baca Juga :   Inggris Bocorkan Rencana Rusia Keluarkan Tank Terkuat T- 14 Armata

Para pemimpin di Oslo mengumumkan pada 25 Januari bahwa Norwegia akan menyumbangkan beberapa tank Leopard 2A4 yang lebih tua ke Ukraina. Dengan demikian, memastikan bahwa tank baru diluncurkan tepat waktu akan sangat penting bagi negara untuk mempertahankan tingkat pelatihan dan kemampuan angkatan bersenjatanya.

Baca Juga :   Inggris Bocorkan Rencana Rusia Keluarkan Tank Terkuat T- 14 Armata

Sementara itu, Nicholas Drummond, penasihat strategis KMW di Inggris, mengatakan kapasitas produksi perusahaan di Jerman masih memiliki banyak kekurangan.

“Norwegia adalah yang pertama dari beberapa pesanan baru yang diharapkan untuk tank Leopard 2A7 yang baru dibangun,” tutupnya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO