Ini Alasan Penting SNBP Menggunakan Nilai Rata-rata Semua Mata Pelajaran

JagatBisnis.com –  Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan salah satu rangkaian pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di perguruan tinggi negeri 2023. SNBP diketahui menggunakan nilai rata-rata semua mata pelajaran pada tahap penyaringannya. Padahal sebelumnya, komponen seleksi mahasiswa baru hanya menggunakan nilai mata pelajaran tertentu saja.

“Misalnya, siswa IPA akan diseleksi menggunakan nilai Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sementara kelas IPS akan diseleksi berdasarkan nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.

Dikutip dari Instagram @kemdikbud.ri, Rabu (1/2/2023), berikut ini penjelasan mengenai mengapa SNBP 2023 menggunakan nilai rata-rata seluruh mata pelajaran pada tahap seleksi.

Baca Juga :   Konten Belajar Menarik, Jawaban Tantangan Belajar dari Rumah

Sebelumnya, jalur SNMPTN itu memisahkan calon mahasiswa baru berdasarkan jurusan di pendidikan menengah. Pilihan program studi dibatasi berdasarkan jurusan di pendidikan menengah, sehingga peserta didik tidak punya kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan aspirasi bakatnya.

Baca Juga :   Sebelum Masuk SD, Anak Wajib PAUD selama Setahun

Hanya mata pelajaran tertentu yang dipertimbangkan dalam seleksi, sehingga mata pelajaran lain dianggap tidak penting dan fokus pembelajaran pun tidak menyeluruh.

Baca Juga :   Siapkan 4 Hal Ini Bila Ingin Sekolah ke Luar Negeri

Sekarang, SNBP 2023 menggunakan nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. Pilihan ini didasari agar peserta didik terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara menyeluruh. Sebab bagaimanapun seluruh mata pelajaran penting untuk mendukung minat dan bakat siswa. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO